Angkut Sembako dan Dihantam Ombak, KLM Satria Indonesia Tenggelam

Tangkapan layar video penyelamatan KLM Satria Indonesia.

 

HALO JEPARA – Musibah di perairan Laut Jawa sebelah utara Jepara, kembali terjadi. KLM Satria Indonesia, sebuah kapal yang mengangkut 390 ton sembako, tenggelam di perairan Karimunjawa Jepara, Kamis (1/4/).

Kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang itu, sedianya akan menuju Pelabuhan Ketapang Kalimantan Barat (Kalbar). Namun baru sampai di perairan Karimunjawa, kapal dihantam ombak besar, hingga mengalami kebocoran lambung dan tenggelam.

Upaya penyelamatan yang dramatis, direkam oleh kru KM Hidayah Star, selaku kapal penolong, yang dinahkodai Jumasah warga Karimunjawa.

Ketika menuju ke lokasi, awak KM Hidayah Star berkali-kali mengumandangkan takbir. “Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Kapal tenggelam. Itu orangnya sudah naik ke rakit. Ini proses penyelamatan,” kata ABK Hidayah Star.

Di kejauhan tampak sebagian muatan kapal Satria Indonesia, terapung-apung di lautan. Beberapa ABK kapal nahas itu, tampak memanfaatkan styrofoam sebagai pelampung.

Sebelum tenggelam, nahkoda kapal sempat meminta pertolongan dengan menggunakan radio navigasi.

“Badai disertai hujan, menghantam lambung kapal dan akhirnya tenggelam. Seluruh kru KLM Satria Indonesia akhirnya berhasil dievakuasi oleh kru Kapal Kayu Alhidayah,” kata Kapolsek Karimunjawa, Iptu Slamet Raharjo.

Setelah berhasil dievakuasi oleh kru kapal motor hidayah star, seluruh korban selamat dibawa ke puskesmas karimunjawa, guna menjalani cek medis. Setelah dinyatakan sehat, mereka kemudian dipulangkan melalui Pelabuhan Jepara. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.