in

Angkat Produk Unggulan, Desa Penggarit Pemalang Gelar Rural Festival 2023

Bupati Pemalang Mansur Hidayat membuka Penggarit Rural Festival 2023, di Desa Penggarit, Kecamatan Taman. (Foto : pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Desa Penggarit, Kecamatan Taman, menggelar Rural Festival 2023, hingga Minggu (12/11/2023) untuk mengenalkan produk-produk unggulan, salah satunya adalah mangga “istana” yang memang telah dikenal oleh masyarakat luas.

Kepala Desa Penggarit Imam Wibowo, seperti dirilis pemalangkab.go.id, mengatakan selain mengangkat produk mangga unggulan desanya, festival tersebut juga akan menyuguhkan produk unggulan lain dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dia berharap kegiatan ini dapat memberikan efek peningkatan ekonomi bagi warga sekitar.

“Acara ini terselenggara karena memotivasi kami untuk bisa mengangkat produk khas desa utamanya mangga maupun produk unggulan lain berupa UMKM sehingga nanti diharapkan ada efek ekonomis yang bisa dihasilkan,”  kata dia, saat pembukaan festival, Kamis (9/11/2023).

Imam juga mengatakan Kegiatan Festival Mangga, rutin digelar setiap dua tahun sekali dan terakhir dilaksanakan pada Tahun 2022.

Kegiatan serupa rencananya akan dilaksanakan kembali pada tahun 2024 mendatang, diganti dengan Penggarit Rural Festival 2023 ini.

“Karena Festival Mangga dilaksanakan Tahun 2024, namun tidak memungkinkan karena ada agenda pemilu maka kami mengganti menjadi Penggarit Rural festival pada tahun (2023) ini,”terangnya.

Mengingat perputaran uang yang sangat luar biasa dalam Festival Mangga 2022 lalu yakni sebesar Rp 1,5 milyar, Imam berharap hal itu akan memberikan dampak positif dalam perekonomian warga Penggarit.

“Terakhir kemarin ketika Tahun 2022 kita melaksanakan Festival Mangga, perputaran uang dalam waktu 2 hari di desa Penggarit mencapai Rp 1,5 milyar. Ini akan berdampak secara ekonomi kepada warga masyarakat Penggarit dan sekitarnya utamanya pada para pelaku UMKM,” kata dia.

Sementara itu Bupati Pemalang Mansur Hidayat, saat membuka Festival itu mengajak warga masyarakat untuk datang dan meramaikan gelaran tersebut.

”Sampaikan dan ajak keluarga, saudara, teman, kerabat dan tetangga sekitar untuk datang berkunjung sekaligus menikmati berbagai acara dalam Penggarit Rural Festival 2023 ini,” kata dia.

Rencananya, dalam Festival itu pengunjung akan disuguhkan berbagai macam kegiatan menarik seperti pertunjukan Gending Gista Laras, Jaran Ebeg, Bazzar Mangga dan UMKM, aneka lomba, live musik, grebeg mangga, senam bersama dan orkes melayu. (HS-08).

Pemkot Pekalongan Sukses Mewisuda 95 Murid Sekolah Lansia

Amankan Piala Dunia, Polisi Udara Baharkam Polri Siapkan Helikopter