in

Anggota Komisi IX DPR RI, Tuti Nusandari Ajak Masyarakat Kendal Untuk Hidup Sehat

Acara sosialisasi Germas secara virtual oleh Anggota Komisi IX DPR RI Tuti Nusandari Roosdiono, Sabtu (18/9/2021).

 

HALO KENDAL – Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Komisi IX DPR RI menyelenggarakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk warga yang usai mengikuti vaksinasi, di SMP 3 Patebon Kendal, Sabtu (18/9/2021).

Acara yang diinisiasi Anggota Komisi IX DPR RI, Tuti Nusandari Roosdiono tersebut, mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Advokasi dan Sosialisasi Arbovirosis Terpadu”.

Acara dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, Akhmat Suyuti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay dan Kementerian Kesehatan, juga perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Tuti Nusandari melalui virtual menjelaskan, program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah upaya memberikan pengalaman belajar bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan edukasi guna meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku melalui pendekatan advokasi, bina suasana dan gerakan masyarakat.

“Sehingga dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat,” imbuh Tuti.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tersebut harus dimulai dari tatanan rumah tangga atau keluarga. Karena rumah tangga yang sehat merupakan aset atau model pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkatkan, dan dilindungi kesehatannya.

“Hidup bersih dan sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok, ataupun masyarakat luas dengan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi,” kata Tuti.

Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat.

“Hal tersebut tidak hanya dilakukan oleh tenaga kesehatan saja, tetapi juga dapat dilaksanakan oleh kader kesehatan di desa/kelurahan,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Tuti, kegiatan vaksinasi yang digelar di Kantor DPC PDI Perjuangan Kendal dan SMP 3 Patebon ini, karena Komisi IX DPR RI bermitra dengan Kementerian Kesehatan.

“Kami bermitra kerja dengan beberapa kementerian, di antaranya, Kemenaker, Kemenkes. Kemudian juga dengan BKKBN, BPJS, baik Kesehatan maupun Ketenagakerjaan,” terangnya.

Menurut Tuti, salah satu kerja sama kemitraan dengan Kementerian Kesehatan, dengan mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Menurut Tuti, bentuk kegiatan Germas di antaranya melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, rutin memeriksakan kesehatan, membersihkan lingkungan dan BAB menggunakan jamban.

“Tujuan Germas adalah kesehatan masyarakat lebih terjaga, membuat hidup lebih produktif, kemudian lingkungan menjadi bersih. Sehingga biaya berobat jadi berkurang,” papar Tuti.

Sebagai penutup, Tuti berharap pada masyarakat, meski sudah mengikuti vaksinasi, agar tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 ini.

“Minimal dengan menerapkan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun sampai bersih sesering mungkin, agar virus corona tidak mudah menular kepada kta” pungkas Tuti.(HS)

Share This

Kelas Industri Horison SMK Negeri 6 Semarang Resmi Diluncurkan

JD.ID Kembali Salurkan 5.000 Paket Bantuan untuk Warga Terdampak Pandemi di Kelurahan Mateseh, Semarang