in

Anggota DPRD Pati, Yeti Kristianti Salurkan Bantuan PIP Untuk Siswa Kurang Mampu

Anggota DPRD Kabupaten Pati, Yeti Kristianti menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada siswa SDN Kauman 02 dan SMPN 1 Juwana, Kabupaten Pati, Senin (1/8/2022).

HALO PATI – Guna menunjang kemajuan pendidikan di wilayahnya, Anggota DPRD Kabupaten Pati, Yeti Kristianti ikut menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk ratusan siswa di wilayah Pati.

Senin (1/8/2022), anggota Fraksi Gerindra DPRD Pati ini menyerahkan secara langsung bantuan kepada siswa SDN Kauman 02 dan SMPN 1 Juwana, Kabupaten Pati.

Beberapa siswa yang memperoleh bantuan pun terlihat antusias menerimanya, didampingi para guru dan orang tua. Bantuan tersebut merupakan aspirasi dari Anggota DPRD Kabupaten Pati, Yeti Kristianti.

“Saya berharap ini bisa menjadi motivasi para siswa untuk semangat belajar, dan ini sebagai bentuk komitmen untuk terus menerus mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk warga masyarakat, khususnya generasi muda masa depan,” kata Yeti Kristianti usai acara.

Dikatakan, di Kabupaten Pati ada ratusan siswa yang memperoleh beasiswa ini. Tak hanya tingkat SD, siswa SMP dan SMA juga berhak memperoleh beasiswa tersebut.

“Ini merupakan aspirasi dari kami. Sebelumnya siswa yang memperoleh bantuan pendidikan ini namanya diusulkan dari tingkat kabupaten, untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui aspirasi DPR RI,” katanya.

Sebagai informasi, Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program bantuan pemerintah yang manfaatnya langsung menyentuh masyarakat. Di awal implementasi, bantuan diberikan berupa uang tunai kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu atau rentan miskin dalam membiayai pendidikan. Dana tersebut untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan personal yang tidak dicakup oleh dana bantuan operasional sekolah (BOS), seperti perlengkapan dan iuran sekolah, seragam, atau transportasi dari rumah ke tempat belajar.

Penerima PIP di jenjang sekolah dasar (SD) mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 450.000 per tahun, jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sebesar Rp 750.000 per tahun, dan jenjang sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan (SMK) sebesar Rp 1.000.000 per tahun. Dan untuk mendapatkan dana tersebut, siswa penerima bantuan harus datang langsung ke bank penyalur untuk melakukan pencairan.(HS)

Ketua TP PKK Ajak Orang Tua Ciptakan Keluarga Sehat bagi Anak

Cek Stadion Utama Pasca PRK, Bupati Kendal Sebut Kondisi Lapangan Tidak Rusak