in

Anggaran Pembangunan Taman Ecobrick Kota Semarang Capai Rp 1,2 Miliar

Pembangunan Taman Ecobrick Kota Semarang di Jalan Tapak, Tugurejo masih dalam tahap penyelesaian dengan anggaran mencapai Rp 1,2 miliar.

 

HALO SEMARANG – Pembangunan Taman Ecobrick Kota Semarang di samping kompleks Kantor DLH Kota Semarang, di Jalan Tapak, Tugurejo dianggarkan mencapai Rp 1,2 miliar.

Target penyelesaian pembangunan taman yang dikonsep dengan memanfaatkan sampah plastik ini pada November 2021.
Kepala DLH Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono mengatakan, Sebenarnya biayanya ini lebih besar, karena butuh energi yang tinggi juga.

“Karena harus mengumpulkan sampah memanfaatkan betul brick, pengganti batu bata,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Sehingga bahan bangunan di taman ini, kata Sapto, nantinya tidak semuanya dari sampah plastik. “Gerakan ini secara bersama sama dengan didukung oleh kelompok pecinta lingkungan, perusahaan, pramuka dan mahasiswa,” imbuhnya.

Diharapkan, taman ini akan menjadi ikon baru di Kota Semarang. Dan di tempat lainnya juga akan ikut meniru gerakan ini.

“Bahan bangunan yang ramah lingkungan, sebetulnya sudah diterapkan di lingkungan kecil. Misalnya bangunan yang kecil-kecil dengan bahan alami tanah liat, jerami, kotoran hewan. Tapi penguatnya tetap pakai campuran dengan bahan semen untuk finishingnya,” jelasnya.

Selain, taman juga ditanami sejumlah pohon peneduh. Nantinya, taman ini juga akan dihiasi dengan memanfaatkan kerajinan bunga dari sampah plastik yang dihasilkan dari komunitas Bank Sampah.

“Sehingga bisa mendominasi dan memberi warna taman ini, dengan aksesori yang memanfaatkan sampah plastik sebagai pemanis di luar ruangan, tentunya menambah keindahan bagian taman,” pungkas Sapto.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Rabu (13/10/2021)

Fakultas Kesehatan Udinus Resmikan Desa Penadaran Sebagai Desa Binaan