Anggaran Difokuskan untuk Penanganan Covid, Fasilitas Olahraga di Kendal Masih Ditutup

Foto ilustrasi: Proses pemotongan rumput Stadion Kebondalem Kendal (foto dokumen Instagram @persikkendal_official).

 

HALO SPORT – Pemerintah Kabupaten Kendal masih menutup fasilitas olahraga, baik stadion maupun Gedung Olah Raga (GOR).

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 di kabupaten tersebut.

Di samping kasus Covid-19 yang menjadi pertimbangan dalam penentuan pembukaan fasilitas olahraga, ketersediaan sarana pendukung turut menjadi kendala bagi Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal.

Menurut Kepala Bidang Olahraga Ali Supriyanto, penyediaan sarana pendukung untuk standar protokol kesehatan di beberapa tempat fasilitas olahraga, masih belum dapat dipenuhi.

Sehingga pihaknya belum berani membuka fasilitas olahraga yang ada di Kendal. Hal tersebut terkait anggaran yang sudah teralihkan untuk penanganan Covid-19.

“Sarana pendukung di antaranya ketersediaan termo gun, tempat hand sanitizer, dan tempat cuci tangan di sekitar fasilitas olahraga. Kemudian untuk stadion yang merupakan lapangan terbuka, harus menyediakan petugas yang mengawasi agar tidak terjadi kerumunan,” jelasnya, Rabu (29/7/2020).

Apalagi saat ini, beberapa ajang olahraga daerah juga banyak yang fakum.

Sehingga nyaris tidak ada persiapan mengikuti kejuaraan olahraga, yang mewajibkan pengumpulan atlet daerah.

Dikatakan, dari delapan kegiatan kejuaraan yang semestinya berlangsung di tahun 2020, hanya menyisakan satu kejuaraan, yakni Pekan Olahraga Daerah (Popda) tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Tinggal Popda Provinsi Jateng yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Oktober mendatang. Sementara untuk kejuaraan lain, sudah terhapus lantaran Covid-19,” terang Ali.

Dirinya menyebut, terkait jadwal Popda hingga saat ini Disporapar Kendal belum menerima surat pemberitahuan terkait tindak lanjut dari Provinsi.

Apakah Popda akan berlangsung sesuai jadwal sebelumnya, atau tidak. Jika sudah ada informasi resmi tentang jadwal Popda, dimungkinkan akan jadi acuan untuk membuka fasikitas olahraga.

“Pada kegiatan Popda tingkat Provinsi, Kabupaten Kendal direncanakan mengirimkan 5 cabang olah raga (Cabor), meliputi sepak bola, pencak silat, tenis meja, sepak takraow, dan bulutangkis,” ungkap Ali.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.