Aneh, Ribuan Kerang Bercecer di Pantai Sendang Sukucing Kendal

Warga memunguti kerang di sekitar Pantai Sendang Sikucing.

 

HALO KENDAL – Tempat wisata Pantai Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal kembali dipenuhi berbagai jenis kerang yang bercecer di pantai. Warga sekitar pun ramai-ramai datang memunguti kerang untuk dipanen dan dikonsumsi.

Warga beramai-ramai mendatangi pantai Sendang Sikucing, Rabu hingga Kamis (9-10/12/2020).

Tidak hanya orang dewasa dan remaja, bahkan anak-anak pun ikut memunguti kerang di bibir pantai.

Mereka mengaku, kerang-kerang tersebut untuk dikonsumsi sendiri dan juga ada yang dijual. Dalam beberapa jam, bisa mendapatkan hingga sekarung, bahkan ada yang lebih.

Fenomena munculnya kerang-kerang tersebut hanya terjadi di kawasan tempat wisata Sendang Sikucing, sedangkan di pantai sebelahnya tidak tampak adanya kerang-kerang yang bertebaran di pantai.

Petugas wisata Pantai Sendang Sikucing dari Disporapar Kendal, Mustakim mengatakan, kejadian langka ini muncul sejak tiga tahun lalu.

Pada musim hujan, sekitar bulan November dan Desember.

“Kerang-kerang itu menepi karena terbawa ombak ketika angin laut berhembus. Warga mulai berdatangan memununguti kerang-kerang yang menepi sejak pagi sampai sore hari,” katanya, Rabu (9/12/2020).

Warga Desa Gempolsewu Yono mengaku, sudah tiga hari ini, dirinya selalu datang untuk mencari kerang.

“Jenis kerang yang saya dapat sebagian besar jenis kerang remis dan bukur. Pada tahun lalu sebagian besar kerang jenis bukur, tapi kali ini lebih banyak kerang remis,” katanya.

Senada dikatakan Fairon, warga Desa Jatipurwo, Kecamatan Rowosari, tiap kali musim kerang selalu meluangkan waktu ikut memunguti kerang bersama puluhan warga lainnya.

Dengan membawa kantong plastik ia memunguti kerang satu per satu hingga terkumpul banyak untuk dibawa pulang.

“Munculnya kerang-kerang ini, saat musim hujan. Kadang November atau Desember, ketika ada angin laut,” ujar Fairon.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.