in

Ampelgading Akan Dijadikan Sentra Alpukat Unggulan di Kabupaten Semarang

Penanaman bibit alpukat dari PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIPJBT), di Dusun Ampelgading, Kamis (24/11/2022). (Foto : semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Wilayah Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Bandungan, Kabupaten Semarang, akan dijadikan sentra penghasil alpukat unggulan.

Menurut Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha, selain tersedia lahan luas, wilayah itu juga dinilai cocok untuk budi daya alpukat.

“Hari ini kita menanam tiga ribu pohon alpukat unggulan jenis Pluwang, bantuan dari PT PLN. Bulan depan akan ada bantuan sekitar 15 ribu batang bibit alpukat dari (Pemerintah) Pusat. Wilayah Bandungan bagian atas ini akan menjadi sentra alpukat unggulan,” kata Bupati, setelah melakukan penanaman bibit alpukat dari PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIPJBT), di Dusun Ampelgading, Kamis (24/11/2022).

Penanaman bibit alpukat, dilakukan bersama dengan Senior Manager Operasi Konstruksi II Achmadi Abas, mewakili General Manager PT PLN UIP JBT Djarot Hutabri.

Selain itu ikut juga Wakil Bupati H Basari, Perwira Penghubung Kodim 0714 Mayor Budi Saroyo, Kepala BPN Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista dan para pejabat lainnya serta puluhan warga desa Kenteng dan Candi.

Menurut Bupati, alpukat dipilih karena buahnya memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi.

Jangka waktu panen juga relatif singkat, sekitar 3-4 tahun. Selain itu juga bisa menjadi tanaman tegakan untuk mencegah tanah longsor di dataran tinggi Bandungan.

“Alpukat jenis Pluwang ini merupakan bibit lokal unggul yang telah bersertifikat. Hasilnya nanti diharapkan dapat dirasakan warga di Desa Kenteng dan Candi yang berbatasan,” kata dia, seperti dirilis semarangkab.go.id.

Senior Manager Operasi Konstruksi II PT PLN UIP JBT, Achmadi Abas, dalam sambutanya mengatakan bantuan tiga ribu bibit alpukat, diberikan kepada kelompok tani, kelompok sadar wisata, dan warga Desa Kenteng dan Candi.

Total ada 250 warga yang akan menanamnya di lahan seluas 29 hektare.

“Bantuan bibit tanaman ini merupakan wujud kepedulian PT PLN melaksanakan sustainable development goals, terutama pembangunan lingkungan,” kata dia.

Kepala Desa Kenteng Nurtatik mewakili warga mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT PLN (Persero) terhadap kesejahteraan warga.

Dia berharap dukungan dan kerja sama ini dapat berlanjut di masa mendatang.(HS-08)

Bupati Demak Ajak Warganya Implementasikan Budaya Hidup Sehat

Kwarcab Jepara Lepas Kontingen ke Lomba Tingkat IV Kwarda Jawa Tengah