in

Amerika Serikat Berikan 4,5 Juta Dosis Vaksin pada Indonesia

Kedatangan vaksin Covid-19 Moderna, di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (11/07) siang. (Foto: Setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Amerika Serikat berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis. Sharing vaksin ini sangat bermanfaat bagi Indonesia, yang kini sedang berupaya keras mengatasi Covid-19.

“Sesuai komunikasi kami dengan beberapa kolega kami di AS, termasuk Menteri Luar Negeri dan National Security Advisor AS, Amerika Serikat berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis,” kata Menlu Retno LP Marsudi, seperti dirilis Kemlu.go.id.

Informasi mengenai komitmen pemerintah Amerika Serikat itu, disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, dalam Press Briefing Menlu RI mengenai Ketibaan Vaksin Moderna Asal Amerika Serikat Melalui Covax Facilities 10 Juli 2021.

Lanjut Menlu, kedatangan 3.000.060 dosis vaksin Moderna tersebut, merupakan dukungan kerja sama internasional dari Pemerintah Amerika Serikat, melalui jalur multilateral Covax Facilities.

Vaksin Moderna berbasis mRNA ini, telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin pakai di masa darurat, dari BPOM pada 2 Juli 2021.

Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap Pemerintah AS, yang telah berbagi dosis vaksin kepada Indonesia melalui Covax Facility ini.

Dubes Kim, melalui Anda, atas nama Pemerintah dan Rakyat Indonesia, saya ingin menyampaikan penghargaan yang tulus atas dukungan ini melalui mekanisme pembagian dosis vaksin. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Fasilitas COVAX, WHO, GAVI, CEPI, dan UNICEF.

Dalam catatan Kementerian Luar Negeri, dengan ketibaan vaksin Moderna kemarin, Indonesia telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin, baik berupa vaksin curah maupun jadi.

Untuk vaksin Sinovac, telah diterima 108.500.000 dosis, di mana sebagian besar dalam bentuk curah; AstraZeneca dari jalur Covax Facility 8.236.800 dosis, Sinopharm 2.000.000 dosis vaksin jadi (di mana 500.000 di antaranya adalah dukungan dari pemerintah UAE),  AstraZeneca (dukungan doses-sharing bilateral dari Jepang) 998.400 dosis, dan Moderna (dose-sharing AS melaui Covax Facility)  3.000.060 dosis.

Saat ini Indonesia juga telah menerima tawaran dukungan dari beberapa negara, antara lain Jepang, akan mengirimkan tahap kedua vaksin AstraZeneca. Kemudian tawaran serupa juga datang dari Belanda, Inggris, Australia, dan Uni Emirat Arab untuk dose-sharing yang kedua. (HS-08)

Share This

Menkes: Vaksin Moderna untuk Rakyat dan Booster Tenaga Kesehatan

Berharap Pandemi Segera Berakhir, Presiden: Usaha Lahiriah Harus Dibarengi Usaha Batiniah