in

Ambisi Miliki Tiga Tim Independen

Nadia Padovani/dok.

 

HALO SPORT – Ducati digadang-gadang bakal kembali memiliki tiga tim independen ke pabrikan mereka, selepas terakhir melakukannya pada MotoGP 2018.

Setelah meresmikan perpanjangan kerja sama dengan Pramac Racing, Ducati siap meneken kesepakatan dengan dua tim independen lain.

Dua tim independen itu adalah Gresini Racing dan Team VR46. VR46 merupakan tim besutan Valentino Rossi.

Menurut La Gazzetta dello Sport, Ducati rencananya menurunkan delapan motor dengan lima di antaranya adalah motor spesifikasi pabrikan.

Tim pabrikan Ducati dan Pramac Racing akan menerima empat paket motor Desmosedici GP22. Team VR46, yang disponsori perusahaan migas Aramco dari Arab Saudi, bakal menerima satu motor Desmosedici GP22 dan satu motor Desmosedici GP21.

Sementara Gresini Racing hanya akan mendapatkan dua motor Desmosedici GP21. Potensi merapatnya Gresini Racing ke Ducati sekaligus memupuskan harapan Aprilia untuk menggaet skuad asal Faenza itu sebagai tim satelit.

Tawaran dari Aprilia sebenarnya lebih menguntungkan bagi Gresini. Mereka memang cuma mendapat motor RS-GP dari tahun ini, tapi biaya yang dikeluarkan Gresini akan lebih murah jika memilih pabrikan asal Noale itu.

Aprilia menawarkan paket motor RS-GP dengan harga 3,5 juta euro (sekitar Rp 61 miliar), lebih murah daripada Ducati (5 juta euro/Rp 87 miliar).

Aprilia juga siap menanggung bayaran pembalap Gresini di mana satu pembalap yang hampir dipastikan bergabung adalah Fabio di Giannantonio dari Moto2.

Namun, Aprilia belum mampu meyakinkan pemilik tim Gresini yang baru, Nadia Padovani (istri mendiang Fausto Gresini). Nadia lebih sreg dengan Ducati.

Aprilia pun terancam bergabung dengan Suzuki sebagai pabrikan di MotoGP yang tidak memiliki tim satelit musim depan. Hanya, sejauh ini Suzuki belum memberikan pernyataan resmi.(HS)

Share This

Remehkan GSP, Fokus Hadapi Usman

Najelaa Shihab Ketemu Ganjar, Bahas Peningkatan Guru dan Kualitas Pendidikan