Amankan Pilwalkot, Polrestabes Siapkan 1.192 Personel

Foto ilustrasi Pilkada 2020.

 

HALO SEMARANG – Menjelang gelaran pemungutan suara Pilwalkot tahun 2020 pada 9 Desember 2020 mendatang, jajaran Kepolisian Resort Besar Kota Semarang (Polrestabes) Semarang menyiapkan 1192 personel untuk pengamanan di TPS.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan, pihaknya juga memetakan TPS rawan. Ada sebanyak sembilan TPS yang termasuk tingkat kerawanan tinggi.

“TPS ini bukan rawan karena ada kerusuhan atau apa. Tapi dilihat dari ada pemungutan suara ulang pemilu kemarin,” katanya, Rabu (2/12/2020).

Pengamanan Pilkada, kata Aulia, juga akan melibatkan anggota Brimob, TNI, dan Linmas di masing-masing wilayah.

“Setiap satu TPS akan dijaga anggota kami dan Linmas. Untuk jumlah personel nanti disesuaikan dengan tingkat kerawanan yang ada,” terangnya.

Dari jumlah keseluruhan TPS yang ada di Kota Semarang, pihaknya telah memetakan tingkat kerawanan tiap TPS di masing-masing wilayah.

“Ada beberapa memang TPS termasuk rawan. Bukan Karena di TPS itu nanti akan akan kerusuhan, tapi karena berdasarkan pemilu lalu, di TPS tersebut yang pernah melaksanakan pemungutan suara ulang,” tegasnya.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, saat ini KPU telah melaksanakan simulasi pencoblosan di TPS. Agar tidak terjadi antrean pemilih akan diatur waktunya agar tidak terjadi kerumunan.

“Kami atur waktunya bagi pemilih agar tidak menumpuk dalam satu waktu. Dan jumlah pemilih di tiap TPS juga dikurangi, berdasarkan aturan KPU Pusat hanya membatasi 500 pemilih. Nanti akan ada sebanyak 3.447 TPS di Kota Semarang,” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.