in

Amankan Piala Dunia, Polisi Udara Baharkam Polri Siapkan Helikopter

Helikopter dipersiapkan Polri untuk pengamanan Piala Dunia U-17. (Foto : Humas Polri)

 

HALO SEMARANG – Kepolisian Negara RI (Polri) menyiapkan sejumlah helikopter, untuk memperkuat operasi Aman Bacuya 2023, dalam rangka mengamankan gelaran Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung mulai 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023.

Hal itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kakorpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol M Yassin Kosasih, selaku Kasatgas Banops “Aman Bacuya 2023”, terkait tugas bantuan operasi sesuai rencana operasi ”Aman Bacuya 2023″.

“Hal ini termasuk memberi dukungan melalui udara menggunakan helikopter guna kepentingan pengamanan. Helikopter ini juga bisa di gunakan untuk VlP atau evakuasi korban. Helikopter yang standby jenis AW 169. Ada 2 unit,” kata Yassin, seperti dirilis humas.polri.go.id.

AW169 dirancang dan cocok untuk transportasi antar-rumah sakit, layanan medis, darurat dan pencarian serta penyelamatan orang juga biasa di gunakan untuk transportasi VIP / VVIP.

Selain itu, Yassin menambahkan, fungsi Banops yang lain adalah melaksanakan tugas-tugas di bidang TIK (menyiapkan radio komunikasi), Dokes (menyiapkan ambulans, tenaga medis), security officer (pengamanan melekat kepada wasit) dan Poludara (menyiagakan helikopter).

Juga mendukung dan memfasilitasi kebutuhan satgas-satgas operasi khususnya banops.

Yang lain adalah memastikan kesehatan personel selama pelaksanaan operasi. Lalu melaksanakan penegakan disiplin dan ketertiban anggota Polri yang melaksanakan tugas operasi.

“Juga memberikan dukungan penyelenggaraan tugas Security Officer (SO) sebagai Team Security Liaison Officer (TSLO) dan TSLO dalam upaya memperlancar komunikasi dan penyampaian informasi terkait situasi keamanan,” tambah Yassin.

Pada Selasa kemarin Yassin juga mendampingi Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto saat memimpin Latihan Pra Operasi “Aman Bacuya 2023″ yang dilaksanakan di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan personel Polri dalam rangka pengamanan piala dunia U-17 yang akan dibuka pada Jumat, 10 November 2023, di harapkan anggota mampu dan trampil dalam melaksanakan tugas).

Even pembukaan akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Indonesia dijadwalkan akan bertemu Ekuador dalam pertandingan bergengsi itu. (HS-08)

Angkat Produk Unggulan, Desa Penggarit Pemalang Gelar Rural Festival 2023

Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional pada Enam Tokoh Termasuk Ratu Kalinyamat