Amankan Natal dan Tahun Baru, Ratusan Anggota Polres Kendal Disiagakan

Kapolres Kendal, Raphael Sandhy Cahya Priambodo saat mengecek kesiapan personel gabungan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020, di Mapolres Kendal, Senin (21/12/2020).

 

HALO KENDAL – Personel gabungan yang terdiri atas Polri, TNI, Pemerintah Daerah, Banser, dan Organisasi Masyarakat lainnya siap mengamankan jalannya perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di wilayah Kabupaten Kendal.

Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 yang dipimpin oleh Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo di halaman Mapolres Kendal, Senin (21/12/2020).

Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandhy dalam sambutanya menyampaikan, Operasi Lilin Candi 2020 akan berlangsung selama 15 hari mulai tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Para personel yang terlibat akan disebar di berbagai pos pelayanan dan pos pengamanan, baik di jalan maupun di gereja-gereja yang ada di wilayah Kabupaten Kendal,” terangnya.

Dikatakan Kapolres Kendal, Apel Gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai upaya pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Oprasi Lilin 2020, dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Oleh karena itu pelaksanaan oprasi ini akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai tanggal 21 Desember 2020 dampai 4 Januari 2021,” terang AKBP Raphael Sandhy.

Kapolres Kendal juga menegaskan, pada masa pandemi Covid -19 ini, semua harus lebih peduli. Menurutnya, jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid -19.

Selain itu, juga ada beberapa prediksi gangguan keamanan antara lain terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, dan pesta minuman keras maupun aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas, dan gangguan kamtibmas lainnya.

“Lakukan langkah-langkah yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat dan efektif,” tandasnya.

AKBP Raphael Sandhy juga menambahkan, untuk mengamankan jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru, ratusan personel gabungan disebar di berbagai lokasi.

“Mereka ditempatkan di sejumlah pos pengamanan, di antaranya Pospam Gereja Santo Antonius Padua Kendal, Pospam Gereja Santo Martinus Weleri, Pospam Gereja Santo Isodorus Sukorejo, Pospam Gereja Santo Yohanes Boja, serta Pos Pantau di Exit Tol Kaliwungu dan Exit Tol Weleri,” paparnya.

Tidak hanya itu, lanjut AKBP Raphael Sandhy, selain mendirikan Pos Pelayanan di depan Alun-alun Kendal, Polres Kendal juga mendirikan Pospam di Rest Area Wungurejo.

“Hal ini untuk mengantisipasi dan mengamankan para pemudik yang melalui jalan tol,” pungkas Kapolres Kendal.

Usai apel gelar pasukan, Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy, bersama Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto dan Forkompimda melakukan pengecekan kesiapan personel dan kendaraan bermotor dinas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Show of Force oleh Patroli gabungan dari Polres Kendal, Kodim 0715/Kendal, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Kendal.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.