in

Alun-alun Demak Jadi Favorit Lokasi Nngabuburit

Warga ngabuburit di Alun-alun Demak, sembari berbelanja makanan untuk berbuka puasa. (Foto : demakkab.go.id)

HALO DEMAK – Salah satu aktivitas yang dilakukan menjelang buka puasa, adalah ngabuburit.

Seringkali masyarakat menuju tempat yang dirasa cocok untuk ngabuburit atau mencari tempat favorit untuk menanti bedug magrib.

Terutama di tempat yang memiliki suasana ramai dan nyaman. Hal ini sudah menjadi sebuah tradisi yang telah melekat di masyarakat hingga menjadi sebuah kebiasaan.

Salah satunya lokasi favorit ngabuburit adalah Alun-alun  Demak, yang berada tepat di depan Masjid Agung Demak.

Pada Ramadan ini, setiap sore kurang lebih pukul 16.00 WIB, Alun-alun Demak sudah dipenuhi oleh masyarakat untuk ngabuburit.

Mereka datang baik dengan sahabat, saudara, atau keluarga.

Keramaian semakin nampak dengan hadirnya pedagang yang menawarkan beragam menu takjil.

Tidak itu saja, banyak pula penjual jasa persewaan permainan anak-anak, seperti sepeti motor listrik mini, otopet elektrik, becak odong-odong, sampai permainan trampolin dan mandi bola.

Untuk menu makanan yang dijajakan mulai dari minuman hangat dan minuman dingin, seperti es buah, es campur, es degan dan lain sebagainya.

Untuk makanan takjil tersedia menu kekinian seperti sejenis bakaran, kue basah. Ada juga bakmi, soto nasi bakar dan berbagai jenis gorengan.

Salah satu pengunjung, Warsih mengatakan, dia sering datang ke Alun-alun Demak untuk menanti waktu berbuka puasa.

Menurut dia, dengan berbuka puasa di Alun-alun tercipta suasana yang lain dari yang lain.

“Buka puasa di sini sangat enak dan asik selain berbiaya murah karena makanan kami bawa dari rumah. Anak-anak bisa main sepuasnya baik bermain sendiri atau dengan sewa permainan,” kata dia, seperti dirilis demakkab.go.id.

Menurut dia, berbuka puasa di Alun-alun betul-betul luar biasa. Di tempat itu, pengunjung bisa berbuka puasa, sambil menikmati perubahan dari sore ke malam hari, dengan gemerlap lampu di Masjid Agung Demak dan lampu di Alun-alun.

Hartono, pemilik lapak minuman yang menyediakan kopi, teh, jahe dan minuman kemasan, mengatakan pada sore hari, memang banyak warga yang ngabuburit dan buka puasa di Alun alun Demak.

Dirinya dan pedagang lain pun turut ketiban rezki. Dia mengaku menyediakan terpal untuk lesehan bagi yang berbuka puasa di lapaknya.

“Alhamdulilah turut ketiban rezki dari pembeli dan banyak pedagang yang menyediakan gelaran arau lesehan. Mereka pun bisa langsung sholat magrib di Masjid Agung dan melanjutkan buka puasa lagi untuk makan besar,” kata Hartono. (HS-08)

Xiaomi Hadirkan Rangkaian AIoT Terbaru, Lengkapi Beragam Kebutuhan Gaya Hidup Konsumen Indonesia

Tim Gabungan Temukan 140 Batang Rokok Ilegal di Kecamatan Wedung Demak