Ali Nurudin: Situs Sejarah Di Kendal Perlu Dilestarikan

Warga menunjukkan Situs Boto Tumpang di Desa Karangsari, Kecamatan Rowosari.

 

HALO KENDAL – Kabupaten Kendal memiliki aset budaya peninggalan peradaban masa lampau.

Setidaknya sampai saat ini masih ditemukan tiga situs kuno yang berada di Kabupaten Kendal, yakni situs Boto Tumpang dan situs Tegalsari di Kecamatan Rowosari, serta Makam Batu Berkarang di Kecamatan Patebon.

Salah satu yang menjadi perhatian masyarakat adalah situs Boto Tumpang yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Rowosari, yang merupakan bagian dari cagar budaya.

Bersama dengan Relawan Kemenangan Nurani (REKAN) dan didampingi Desa Karangsari, calon Bupati Kendal Ali Nurudin, melihat langsung situs sejarah Boto Tumpang, Senin (16/11/2020).

Dikatakan oleh Ustaz Ali, sapaan akrab Ali Nurudin, situs Boto Tumpang adalah aset sejarah yang dimiliki Kabupaten Kendal, yang menurutnya bisa mengisi kesinambungan sejarah di pesisir utara Jawa Tengah.

“Situs sejarah ini bisa memperkuat jati diri Kabupaten Kendal. Didukung latar belakang sejarah yang jelas. Sehingga aset ini perlu dikembangkan dan disebarluaskan, supaya bisa mengisi kesinambungan sejarah di pesisir utara Jateng,” kata Ustaz Ali.

Sementara itu, Ketua REKAN, Mugi mengatakan, calon pemimpin harus sejak dini peduli dan memperhatikan perkembangan Kabupaten Kendal dari segala aspek, salah satunya perhatiannya atas situs bersejarah.

“Selain fokus di bidang pemerintahan, pendidikan, ekonomi, sosial dan pariwisata, sudah seharusnya pemimpin juga peduli dengan budaya. Terutama sejarah daerahnya. Salah satunya mengerti situs kuno yang di Kendal ini,“ ungkapnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.