Alat GeNose C19 Akan Didistribusikan Ke Fasilitas Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menerima alat GeNose C19 sebanyak 38 unit dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada Jumat (19/3/2021).

Alat tersebut diserahkan langsung oleh Rektor UGM, Prof Panut Mulyono kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di kediaman dinasnya.

Sebanyak 38 unit GeNose C19 tersebut dilengkapi dengan dua unit yang sudah diterima terlebih dahulu untuk pesanan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Pada acara tersebut, sekaligus juga diserahkan 3.800 kantong napas.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan, alat GeNose C19 yang sudah diterima tersebut belum didistribusikan. Menurutnya, masih memerlukan kelengkapan-kelengkapan yang mendukung.

“Alat GeNose C19 sudah kami terima sebanyak 38 unit, tetapi itu nanti perlu ada kelengkapan komputer atau laptop,” ucap Yulianto kepada awak media, Selasa (23/3/2021).

Pihaknya menambahkan, kemudian yang mendapatkan alat tersebut akan dilatih terlebih dulu. Untuk saat ini, lanjut Yulianto, sedang tahap diinventarisir.

“Setelah dilatih baru bisa operasi. Harapannya dalam minggu-minggu ini kita selesaikan,” tambahnya.

Yulianto menerangkan, sasaran yang bakal menerima alat GeNose C19 ialah beberapa fasilitas kesehatan yang sudah masuk daftar pilihan.

“Sasaran yang jelas harus di fasilitas kesehatan, bisa di rumah sakit, Balai Kesehatan Masyarakat, atau di unit-unit pelayanan,” tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ketika menerima alat GeNose C19 berharap, UGM dengan pihak yang memproduksi dapat melakukan percepatan. Sehingga jika produksi bisa lebih cepat, maka pihaknya dapat menambah pesanan unit GeNose C19.

“Belum, belum. Jadi kita masih keep dulu karena produksinya juga masih sangat terbatas. Tadi Pak Rektor juga menyampaikan lagi on going, kerja samanya agar bisa dilakukan percepatan produksi. Maka kalau nanti memungkinkan, produksinya bisa cepat kita bisa lebih mudah untuk tambah, sehingga skrining kita akan lebih baik,” kata Ganjar.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.