Aktivitas Meningkat, Warga Lereng Merapi Kembali Diungsikan

Evakuasi warga di kawasan rawan bencana Merapi. (Foto:Magelangkab.go.id)

 

HALO MAGELANG – Sebagian warga dari beberapa dusun di sekitar kawasan rawan bencana Gunung Merapi, di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, kembali mengungsi Minggu (3/1), menyusul peningkatan aktivitas kegempaan dan guguran dalam beberapa hari terakhir.

Sebanyak 127 jiwa dari Dusun Ngandong, Dusun Gemer dan Dusun Karanganyar Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, telah dievakuasi menuju tempat pengungsian di Balai Desa Taman Agung Muntilan Kabupaten Magelang yang merupakan desa penyangganya (Sister Village).

Kepala Desa Ngargomulyo, Widodo mengatakan 127 jiwa yang diungsikan, terdiri atas warga rentan, yakni lansia, orang sakit, ibu hamil dan anak-anak. Adapun satu dusun lagi yaitu Batur Ngisor masih dalam musyawarah warga.

”Warga sebelumnya sudah diungsikan selama satu bulan. Namun karena merasa jenuh, mereka pulang ke rumahnya masing-masing guna beraktifitas seperti bisa. Berdasarkan rapat koordinasi antara BPPTKG dan Pemerintah Kabupaten Magelang, kemarin dengan meningkatnya aktivitas Merapi,  warga tersebut diminta untuk segera diungsikan kembali,”ungkapnya.

Proses pengungsian ini didampingi Camat Dukun, Kapolsek, Koramil dan relawan menggunakan 11 kendaraan dengan pengawalan dari pihak terkait. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.