in

Aksi Mahasiswa Jateng Yang Terjun Bantu Masyarakat Tuai Pujian

Penampilan Ressa Lawangsewu saat menghibur pasien Covid-19 di BPSDMD Jawa Tengah, Senin (2/8/2021).

 

HALO SEMARANG – Sejumlah elemen mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Tengah melakukan aksi sosial membantu masyarakat. Foto dan video aksi mereka yang tersebar di media sosial pun banyak mendapat perhatian masyarakat.

Ramainya aksi sosial mahasiswa ini berawal dari seruan Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu mengajak mahasiswa ‘turun gunung’ membantu rakyat dengan keilmuan dan kemampuan masing-masing. Ajakan itu langsung direspon oleh Kelompok Cipayung Jateng dan mahasiswa dari sejumlah daerah.

Sampai hari ini, setidaknya ada empat kelompok mahasiswa dari universitas yang berbeda telah bergerak. BEM Universitas PGRI Semarang blusukan ke pasar tradisional pada Jumat (30/7/2021). Mereka melakukan sosialisasi prokes, membagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Disusul mahasiswa Politeknik Negeri Semarang pada Sabtu (31/7/2021). Mereka memborong dagangan pedagang kecil di sekitar kampung untuk dibagikan pada masyarakat. Di hari yang sama, ada mahasiswa Universitas Jenderal Soedriman Purwokerto yang menciptakan yoghurt dari bahan baku jamu dan rempah-rempah. Produk yang diklaim dapat meningkatkan imun untuk dibagikan pada pasien isolasi mandiri.

Sehari setelahnya, yakni Minggu (1/8/2021), giliran mahasiswa UIN Walisongo. Mereka mendatangi tempat isolasi terpusat di Rumah Dinas Wali Kota Semarang untuk memberikan hiburan pada pasien di sana. Aksi menghibur pasien juga dilakukan gabungan mahasiswa seni dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, UPGRIS, dan UIN Walisongo pada Senin (2/8/2021).

Ada yang bernyanyi dangdut, keroncongan, bermain teater, membaca puisi, dan bermain lawak di Pusat Isolasi Covid BPSDM Pemprov Jateng.

Aksi-aksi mahasiswa turun membantu penanganan Covid-19 ini mendapat apresiasi masyarakat. Video aksi mahasiswa yang diposting Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di akun media sosialnya, dibanjiri komentar positif.

Tak sedikit juga netizen yang mengapresiasi Ganjar, karena berhasil merangkul mahasiswa untuk bergerak membantu rakyat. Mereka menilai, apa yang dilakukan Ganjar adalah tindakan positif dan harus ditiru oleh pemimpin lainnya.

Pemimpin seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hasil kerja kerasnya dapat memberikan energi positif kepada semua golongan, sehingga menularkan ide-ide baik pada masyarakat untuk saling peduli dan membantu dalam situasi sulit seperti sekarang ini. Karena dengan bersamalah kita bisa keluar dari kesulitan ini. Teruslah pimpin kami Pak Ganjar, agar segera terwujud Indonesia maju dan sejahtera,” tulis @dewi.tristanti.

Mahasiswa gayeng bareng pak Ganjar hebat. Kolaborasi yang keren. Hidup mahasiswa,” tulis akun @ahmadifaisokari.(HS)

Share This

Jagokan Jorginho Raih Ballon d’Or

Karena Alasan Ini Sifa Geluti Bisnis Kaktus Hias