Akses Jalan Dusun di Kendal Rusak, Ibu Melahirkan Harus Ditandu

Warga Dusun Cipluk, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean yang melahirkan harus ditandu untuk menuju ke Puskesmas.

 

HALO KENDAL – Beredarnya foto dan video salah satu warga Desa Sidokumpul yang ditandu dengan bangku menuju ke mobil ambulans, mendapat perhatian dari sejumlah masyarakat di Kendal, Senin (15/2/2021).

Kepala Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Ari Rimbawanto saat dikonfirmasi membenarkan kabar yang beredar tersebut.

Menurutnya itu adalah salah satu warga Dusun Cipluk Barat yang baru saja melahirkan, namun karena ari-ari bayi tertinggal di dalam rahim, jadi harus dibawa ke puskesmas untuk penanganan medis.

“Iya namanya Mbak Tri, terpaksa ditandu warga menuju ke mobil medis, agar bisa segera dibawa ke Puskesmas di Patean. Sehingga ia bisa menjalani penanganan medis, termasuk mengeluarkan ari-ari yang masih tertinggal di rahimnya,” terangnya.

Warga Dusun Cipluk, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean membantu warga yang melahirkan harus ditandu untuk menuju ke Puskesmas.

Ari mengungkapkan, warganya yang melahirkan tersebut ditandu, lantaran akses dari dan menuju rumah yang bersangkutan memang rusak tidak mudah dilalui.

“Makanya warga kami yang melahirkan tersebut harus ditandu dengan bangku panjang, melewati jalan desa juga menyebrangi sungai sejauh kira-kira satu kilometer,” jelas Ari.

Ditambahkan, penghubung Dusun Cipluk menurut Ari sebenarnya ada tiga jalur akses. Namun karena longsor beberapa akses tersebut tergangu.

Akses tersebut yakni, Dusun Cipluk, Desa Sidokumpul dengan Dusun Muncar, Desa Kalices, Kecamatan Patean. Kemudian Dusun Cipluk dengan Desa Kalices. Dan Dusun Cipluk menuju Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh.

“Untuk akses Cipluk ke Sojomerto tidak bisa diperbaiki dengan dana desa kami, karena masuk wilayah Desa Sojomerto, Gemuh. Sedangkan akses Cipluk menuju Desa Dusun Muncar menunggu izin dari Perhutani, karena aksesnya melewati lahan milik Perhutani,” ungkapnya.

Namun Ari merasa bersyukur, karena warganya yang melahirkan tersebut dikabarkan sudah dirujuk oleh puskesmas dan dibawa ke Rumah Sakit Islam Weleri.

“Alhamdulillah tadi Mas Heri (suami Tri) sudah mengabari, saat ini istrinya ditangani dan dirawat di RSI Weleri. Kondisinya sehat semua baik bayi maupun istrinya,” pungkas Kades Sidokumpul.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.