in

Akpol Gelar Porsimaptar XXI, Peserta Ada Dari Luar Negeri

Brigtutar M Arshan Rachman memberikan penjelasan mengenai kegiatan Porsimaptar XXI dalam temu pers secara virtual, Senin (11/10/2021).

 

HALO SEMARANG – Akademi Kepolisian (Akpol) kembali menggelar Pekan Olahraga, Kesenian Mahasiswa dan Taruna (Porsimaptar) XXI yang akan dilaksanakan 18-22 Oktober. Mengingat situasi masih pandemi Covid-19, kegiatan tersebut dilangsungkan secara semi virtual. Namun yang menarik dalam Porsimaptar tahun ini, tingkat lomba erskala internasional.

“Dalam Porsimaptar tahun ini level lomba meningkat jadi berskala internasional. Seperti Lomba Karya Ilmiah dan English Competition diikuti peserta dari luar negeri yakni Malasyia, Filipina, dan Inggris,” jelas Ketua Panitia Popsimaptar XXI, Brigtutar M Arshan Rachman, dalam jumpa pers virtual Senin (11/10/2021).

Masyarakat bisa menyaksikan seluruh rangkaian acara mulai dari pembukaan, aneka lomba, hingga penutupan lewat website www.porsimaptar.com, Instagram @porsimaptarakpol, dan Porsimaptar XXI di akun Youtube.

“Pembukaan digelar Senin 18 Oktober oleh Gubernur Akpol dan dimeriahkan penampilan Drumband Corps Cendrawasih dan berbagai kesenian,” katanya.

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 bisa dijadikan momen untuk memanfaatkan teknologi. Karena itu, pihaknya mengedepankan kemajuan teknologi, games, science, kekayaan seni, dan budaya.

Keenam lomba tersebut yakni, lomba Art Competition, Short Movie Competion, Poster Design Kontes, Lomba Karya Ilmiah, English Competition, E-Sport Competition, Valorant, PUBG Ride & run.

“Seluruh perlombaan ini berskala nasional dan internasional. Bahkan kami sengaja mendatangkan langsung juri internasional, di antaranya Shan Shuhas Kumar dari India dan Andres Paraguirre dari UNDP Meksiko,” katanya.

“Ada lebih dari 3.500 peserta yang akan mengikuti enam kategori lomba. Tema yang kami angkat Revolution in Retrovolution yang mengusung slogan Muda, Kreatif, dan Inovatif, sehingga perlombaan-perlombaan ini menjadi menarik untuk diikuti. Tentunya sebagai penyemangat kami menyiapkan puluhan juta rupiah bagi pemenang lomba,” paparnya.

Dalam situasi dan keterbatasan selama masa PPKM ini, Porsimaptar XXI juga menggandeng iRace Indonesia dalam perlombaan virtual race yang terbagi dalam virtual ride sejauh 54 kilometer dan virtual race sejauh 21 kilometer.

“Kami juga menggelar virtual exhibition atau pameran virtual yang memamerkan karya-karya anak bangsa dan juga informasi tentang Akpol. Jadi peserta dan masyarakat umum bisa melihat bagaimana suasana di Akpol berikut kehidupan para taruna. Kami ini tidak sekaku yang dibayangkan orang selama ini,” tegas Arshan.

Selain perlombaan, Popsimaptar kali ini juga menggandeng Senandung Nacita dalam acara webinar dengan menghadirkan nara sumber pakar teknologi dari kalangan kepolisian.

“Beberapa perlombaan telah berlangsung sejak September lalu dan para pemenang nanti akan diumumkan serentak pada acara penutupan 22 Oktober mendatang,” jelasnya.(HS)

Share This

Bupati Kendal Tinjau Pembangunan Tanggul di Lanji dan Tanggul Rusak di Korowelang Kulon

Donor Darah, Rektor Unika: Peristiwa Hidup yang Melewati Batas Kemanusiaan