Akhirnya, Pelaku UMKM Kendal Terima Bantuan BLT Sosial Produktif Dari Presiden

Foto ilustrasi: Pelaku UMKM di Kendal memamerkan produknya di kantor PLUT Kendal belum lama ini.

 

HALO KENDAL – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten/Kota se-Indonesia, telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sosial produktif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Termasuk salah satunya UMKM di Kabupaten Kendal. Bantuan BLT diberikan kepada UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM di wilayahnya masing-masing.

Demikian disampaikan Wiwit Bekti Nugroho, selaku Kepala Seksi Perlindungan Usaha Mikro Disperinkop Kendal, Selasa (1/9/2020).

Dikatakan, bahwa bantuan Presiden tahap pertama sudah bisa dirasakan oleh pelaku UMKM di Kabupaten Kendal.
Salah satu penerima bantuan ini adalah Eko Didik Prasetyo, Warga Desa Purworejo Ringinarum, dengan usaha ternak kelinci.

“Didik memberitahukan kepada saya telah mendapat pesan singkat dari pihak bank yang mengonformasikan telah mendapatkan bantuan uang sebesar Rp 2,4 juta,” terangnya.

Wiwit juga menyampaikan, untuk penerima BLT dapat dicairkan setelah yang bersangkutan mengkonfirmasi kepada pihak bank penyalur untuk diverifikasi, kemudian setelah diverifikasi pencairan pun dapat dilakukan.

“Terkait dengan jumlah yang menerima bantuan tersebut, saya hanya mengetahui jumlah penerima di tingkat Provinsi Jawa Tengah, yaitu dengan total 72 ribu orang pelaku UMKM,” ungkapnya.

Perlu diketahui, jika ada yang belum paham dengan mekanisme pencairan, bisa langsung datang ke Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

“Atau bisa datang ke kantor Disperinkop Kabupaten Kendal untuk mendapatkan arahan,” pungkas Wiwit.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah akan memberikan bantuan sosial produktif sebesar Rp 2,4 juta bagi usaha mikro untuk menekan dampak pendemi Covid-19.

Tercatat ada sekitar 20 ribu orang penerima di Kebupaten Kendal, 9.000 di antaranya adalah para pelaku UMKM.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.