in

Akhir Tahun Ditarget Beroperasi, TPA Sampah BLE Wlahar Wetan Dilengkapi Kolam Renang

Foto : Banyumaskab.go.id

 

HALO BANYUMAS – Dalam rangka mengatasi permasalahan sampah, Pemerintah Kabupaten Banyumas sedang membangun tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah berbasis lingkungan dan edukasi (BLE), di Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Kalibagor.

Pembangunan TPA di lahan seluas 3,5 hektare itu, dikonsep berwawasan lingkungan dan edukasi (BLE).

Berbeda dengan tempat pengolahan sampah pada umumnya yang fokus pada Reduce, Reuse, Recycle (3R), TPA ini akan dilengkapi dengan kolam renang, pabrik plastik, kolam, dan lainnya.

“Karena produk sampah itu ternyata bisa jadi bubur sampahnya nanti bisa untuk pakan maggot. Maggot untuk pakan lele, kemudian sampah plastik yang bisa didaur ulang, menjadi bahan pelet plastik dan sebagainya, sehingga di sana ada pabrik plastiknya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Ir Junaidi MT, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Dia menambahkan, pelestarian lingkungan dan edukasi, nantinya dari tempat itu tidak ada residu.

Dia berharap pada September atau Oktober, TPA tersebut sudah bisa dioperasionalkan. Saat ini, pembangunan memang baru mencapai sekitar 40 persen. Adapun untuk 50 persen lainnya adalah berupa peralatan. Semua peralatan tersebut sudah tinggal pasang, menunggu kesiapan di lapangan.

“Insya Allah nanti pada Agustus, alat-alat itu sudah dimobilisasi dari lokasi pabrik menuju ke lokasi proyek,” tambahnya.

Kepala DLH juga menyampaikan bahwa Bupati Banyumas Achmah Husein, juga telah meninjau lokasi itu, untuk memastikan pembangunan sesuai dengan rencana. Adapun untuk anggaran, pada 2021 ini ada anggaran APBD untuk mendampingi kegiatan APBN tersebut.

“Terkait anggaran, kami mendapatkan anggaran APBN sebanyak 44 M sedangkan dana pendamping dari APBD sebesar 6,3 M,” kata dia

Untuk kegiatan-kegiatan yang tidak dicakup oleh APBN itu, dilaksanakan dengan anggaran APBD. “Diharapkan pada akhir 2021, TPA BLE sudah dapat beroperasional secara sempurna,” lanjutnya. (HS-08)

Share This

Pemiliki Warung Diminta Batasi Pengunjung Makan Hanya 20 Menit

Pembangunan Jembatan Pegalongan-Mandirancan Banyumas Dilanjutkan, Target Akhir Tahun Selesai