in

Ajak Warga Reboisasi, Sekda Jateng Sebut Bercocok Tanam Sebanding dengan Sedekah

 

HALO SEMARANG – Ratusan anggota Korps Pegawai RI (Korpri) Jateng dan Kabupaten Semarang, beserta warga, melakukan aksi penanaman ratusan pohon di Agro Eco Gondang, Desa Jembrak Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang, Sabtu (26/11/2022).

Aksi tanam pohon secara massal itu, merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara peringatan HUT Ke-51 Korpri tingkat Jateng.

Sekda Provinsi Jateng, Sumarno selaku ketua Dewan Pengurus Korpri Jateng, yang ikut ada acara itu mengajak untuk terus menanam pohon di lingkungan masing-masing.

“Bercocok tanam adalah pekerjaan yang sebanding dengan sedekah. Jadi menanam pohon kali ini juga bernilai sedekah, karena pasti akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” kata dia, seperti dirilis semarangkab.go.id.

Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha yang juga hadir pada acara itu, mengungkapkan terima kasih karena Agro Eco Gondang dipilih sebagai lokasi penanaman massal.

Menurut dia, hal itu dapat mendukung pengembangannya menjadi lahan subur. Ikut mendampingi Bupati, Sekda Djarot Supriyoto dan Kepala DLH Kabupaten Semarang, Heru Purwantoro.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng, Widi Hartanto menjelaskan penghijauan di lahan Agro Eco Gondang, juga dimaksudkan untuk mendukung rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) Tuntang.

Sebanyak 600 bibit ditanam di lahan seluas 2,5 hektare. Di antaranya bibit pohon beringin, gayam, aren dan gondang. Selain itu diserahkan enam ribu bibit tanaman kepada warga setempat.

Saat penanaman massal, Sekda Sumarno menanam bibit pohon gayam (Inocarpus fagifer) dan Bupati Semarang Ngesti Nugraha menanam bibit pohon kluwak (Pangium edule reinw).

“Ada pula bibit tanaman bernilai ekonomi, seperti mangga, durian, petai, dan kelengkeng,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, Sekda Sumarno menyerahkan bantuan 50 paket sembako kepada warga Desa Jembrak.

Selain itu diserahkan pula bantuan 30 paket pendidikan dan dua instalasi biogas.(HS-08)

Ingin Pesan Pijat Panggilan Semarang? Pilih Jasa Terpercaya Ini

Bupati Purbalingga Ajak Guru Tingkatkan Derajat Pendidikan