in

Ajak Masyarakat Dukung UMKM, Pertamina Punya Galeri Entrepreneur Nusantara

Ela Rohayati, pelaku UMK asal Bandung dan produk SiDaun miliknya. (Foto : laman resmi Pertamina)

 

HALO SEMARANG – PT Pertamina (Persero) mengajak masyarakat untuk mendukung keberadaan usaha kecil menengah (UMK), dengan membeli produk-produk mereka. Badan Usaha Milik Negara ini, juga telah berupaya membantu pelaku UMK, dengan menjadikan sebagian dari mereka, sebagai mitra binaan.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman, menjelaskan pandemi Covid-19 telah berdampak pada banyak sektor. Salah satu pihak yang paling merasakan dampak wabah ini, adalah para pelaku UMK. Dalam masa serbasulit saat ini, para pelaku UMK hadir sebagai pahlawan ekonomi Nasional.

Karena itu dia mengajak masyarakat, untuk bisa membantu mereka. “Salah satunya dengan membeli produk para UMK ini. Beli sesuai kebutuhan, misalnya makanan atau minuman yang menyehatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Tidak perlu membeli secara langsung, bisa lewat media sosial atau marketplace para UMK ini,” kata dia, seperti dirilis melalui Pertamina.com.

Dengan membeli produk mereka, banyak UMK yang akan mampu beradaptasi di tengah pandemi. Bahkan ada peluang bagi mereka, untuk bisa naik kelas, pada masa krisis seperti ini.

Untuk membantu pelaku UMK binaannya, Pertamina juga ikut memperkenalkan produk mereka, melalui media sosial Galeri Entrepreneur Nusantara @gen_umkm.

Salah satunya adalah produk SiDaun milik binaan Pertamina Ela Rohayati. Nama SiDaun, diambil dari singkatan singkong daun. Ela merupakan salah satu pelaku UMK yang memproduksi camilan sehat, yakni keripik berbahan dedaunan.

“Tidak hanya daun singkong, kami telah berinovasi dengan membuat keripik dari daun pepaya, dan ke depan yakni daun kelor dan sirih,” tuturnya.

Tidak ingin ketinggalan zaman, Ela juga mempercantik tampilan produknya dengan kemasan kekinian. Hal ini sukses meningkatkan animo pembeli hingga dia mampu memproduksi 3.000 bungkus keripik setiap bulannya.

“Konsumen tidak perlu khawatir dengan kualitasnya, sebab produk kami sudah mengantongi NIB, IUMK, PIRT, Halal, dan HAKI. Aneka menu bisa dilihat di @sidaun_official,” jelasnya.

Saat ini Ela memberdayakan sebanyak empat orang pegawai, di rumah produksinya di Jl Kiara Asri VI No.6, Sukapura, Kiaracondong, Bandung. Namun, pada awal-awal pandemi lalu, dia menerapkan konsep sociopreneur dengan membantu orang-orang yang terdampak pandemi.

“Kami mempekerjakan dan melatih para musisi yang terdampak pandemi agar bisa berwirausaha,” jelasnya.

Menurut Fajriyah, melalui Program Pendanaan UMK, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin delapan, melalui implementasi program-program berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial, demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat. (HS-08)

Share This

Tokoh Gerindra Sufmi Dasco Minta Pemerintah Larang WNA Masuk ke Indonesia

Cegah PHK, Gus Muhaimin Minta Pemerintah Beri Insentif pada Pelaku Usaha