Air Hydran Tak Mengalir, Pasar Weleri Tak Terselamatkan

Kondisi Pasar Weleri pasca kebakaran semalam hingga dinihari, Jumat (13/11/2020).

 

HALO KENDAL – Kebakaran yang terjadi di Pasar Weleri Kabupaten Kendal, Kamis malam (12/11/2020) sekitar pukul 21.22 WIB, mengakibatkan ratusan kios ludes terbakar.

Api membakar hampir seluruh bangunan pasar, dan baru bisa dipadamkan Jumat (13/11/2020).

Dugaan awal api berasal dari korsleting listrik hubungan arus pendek di salah satu kios yang ada di lantai dua sebelah timur.

Sedikitnya 10 mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Kendal, Kota Semarang, dan Kabupaten Batang dikerahkan untuk mengatasi amukan si jago merah tersebut.

Sejumlah pedagang mencoba menyelamatkan barang dagangannya, namun sebagian tidak bisa menyelamatkan karena api sudah membakar hampir seluruh kios di lantai dasar.

Menurut salah pedagang pasar Aris, api sudah terlihat di lantai dua kios bagian timur. Api cepat membesar karena banyak bahan yang mudah terbakar dan hembusan angin yang cukup kencang.

“Api cepat sekali menjalar. Kami berusaha menyelamatkan barang. Sebagian barang milik pedagang tidak bisa diselamatkan karena pintu-pintu lewat di pasar terkunci. Ahamdulillah barang kami bisa diselamatkan,” ujar Aris, pedagang aksesori di Pasar Weleri, Jumat pagi (13/11/2020).

Kepala Satpol PP dan Damkar Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, pemadaman api mengalami kendala akibat tidak mengalirnya air dari hydran.

“Pemadaman api terkendala air dari hydran yang tidak mengalir. Petugas kami terpaksa mengambil air dari sungai terdekat,” jelasnya.

Tidak hanya itu, akibat ramainya warga yang berkerumun dan pedagang yang mencoba menyelamatkan dagangannya, sehingga menyulitkan akses mobil damkar mendekat ke lokasi kebakaran.

Api di lantai dasar terus membesar, karena banyak bahan yang mudah terbakar seperti pakaian dan bahan kimia.

Terdengar beberapa kali bunyi letusan dan petugas mencoba melokalisir, agar api tidak merambat ke seluruh bangunan dan kios di Pasar Weleri ini.

Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai miliaran rupiah. Hingga Jumat (13/11/2020) dini hari, petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api yang membakar kios di Pasar weleri ini.

Jumlah kios yang terbakar juga masih dalam pendataan, namun hampir sebagian besar kios yang berada di lantai dasar ludes terbakar.

Sampai saat ini, belum ada keterangan dari pihak kepolisian, terkait penyebab pasti kebakaran ini.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.