in

AHY: Tragedi Kanjuruhan Insiden yang Memilukan Juga Memalukan

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat memberikan sambutan pada Pelantikan Serentak DPC Partai Demokrat se-Jawa Timur di Batu Malang, Minggu kemarin (13/11/2022).

HALO SEMARANG – Saat memberikan sambutan pada Pelantikan Serentak DPC Partai Demokrat se-Jawa Timur di Batu Malang, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menekankan agar tragedi Kanjuruhan, Malang segera diusut tuntas.

“Tadi sudah dengar cerita dari Mas Emil dan Mas Sutiaji (Wali Kota Malang) bahwa banyak korban tragedi Kanjuruhan yang trauma, serta memerlukan trauma healing. Karena tiba-tiba kehilangan orang yang dicintainya,” ujarnya, Minggu (13/11/2022).

Dari rilis yang diterima halosemarang.id, AHY mengungkapkan, ada seorang anak kehilangan orang tuanya, juga seorang istri kehilangan anak dan suaminya. Menurutnya, insiden Kanjuruhan adalah insiden yang sangat tragis. “Sebenarnya tragedi Kanjuruhan bukan hanya insiden yang memilukan, tapi mohon maaf, juga memalukan,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, AHY juga menyerahkan secara simbolis bantuan dana sumbangan dari kader Partai Demokrat yang menghadiri acara tersebut, kepada keluarga korban.

“Jumlahnya mungkin tidak seberapa, tetapi mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban para keluarga korban. Dengan doa yang tulus dari kami, agar mereka segera bisa beraktivitas kembali,” ungkap AHY.

AHY juga berharap, dengan tragedi di Kanjuruhan, segera dilakukan reformasi di dunia olahraga, khususnya sepak bola. “Mudah-mudahan tragedi ini tidak terjadi lagi di masa-masa mendatang, karena kita negara yang cinta damai. Jangan jika ada masalah, sedikit-sedikit pakai kekerasan,” imbuhnya.

Selanjutnya, AHY yang didampingi istri Annisa Pohan, melantik secara langsung para Ketua dan pengurus DPC Demokrat se-Jawa Timur, yang telah terpilih melalui mekanisme Muscab dan fit and proper test beberapa waktu sebelumnya.

Sementara, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak menambahkan bahwa 38 ketua dan pengurus DPC Demokrat se-Jawa Timur yang telah dilantik harus solid dan saling bahu-membahu dalam membantu rakyat yang sedang kesulitan.

“Semua kader harus segera turun ke lapangan setelah pelantikan ini untuk membantu rakyat dan juga menyampaikan keberhasilan-keberhasilan yang telah dilakukan dan telah diperjuangkan,” kata Emil.

Pelantikan dihadiri pula oleh sejumlah pengurus DPP Partai Demokrat, antara lain, Sekjen Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum Renville Antonio, Kepala BPOKK Herman Khaeron, dan Wasekjen Agust Jovan Latuconsina.

Terpisah di Jawa Tengah, Ketua DPC Partai Demokrat Kendal, Windu Suko Basuki mendukung apa yang disampaikan ketua umum partainya, saat pelantikan serentak DPC se-Jawa Timur di Batu Malang. WS Basuki yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kendal pun menyampaikan amanat dari DPP Partai Demokrat, dengan mengajak seluruh DPC di Jawa Tengah, supaya merangkul suporter sepak bola di daerahnya masing-masing.

“Beberapa waktu lalu, saya bersama ribuan suporter sepak bola di Kendal, juga menggelar doa dan renungan bersama di halaman Stadion Utama Kendal, sebagai rasa duka belasungkawa yang mendalam atas tragedi Kanjuruhan,” ungkapnya, Senin (14/11/2022).

Ditegaskan oleh Wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut, banyak suporter bola yang bertebaran di seluruh pelosok negeri, yang menurutnya juga terus mencermati seperti apa respon Demokrat dari waktu ke waktu.

“Informasi ini harus sampai ke mereka. Agar tahu seperti apa pandangan dan sikap Ketum AHY maupun Demokrat terkait isu kemanusiaan seperti ini. Karena tidak ada sepak bola yang lebih berharga dari nyawa manusia,” tandas Pakde Bas.(HS)

Mantan Komisaris PT Citra Guna Perkasa Gugat BPK, BPKP, dan Kejati Jateng ke PN Semarang

Hadiri Peresmian Kantor Cabang BSI Weleri, Bupati Kendal: Perbankan Perlu Perhatikan Nelayan dan Petani