Ada Yang Takut Divaksin, Kepala Puskesmas Kangkung Lakukan Hipnoterapi

Kepala Puskesmas Kangkung II saat mengajak ngobrol peserta vaksinasi.

 

HALO KENDAL – Ada yang menarik dalam pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Kantor Kecamatan Kangkung, Kendal, Santu (13/3/2021). Pasalnya, perangkat desa yang trauma dengan jarum suntik mendadak tidak merasakan kalau sudah selesai divaksin.

Hipnoterapi, itulah yang dilakukan Kepala Puskesmas Kangkung II, dr Andi Setiawan, yang telah membuat perangkat desa menjadi tidak takut dengan jarum suntik.

“Ya cuma saya ajak ngobrol saja, membuat peserta vaksinasi tidak sadar. Tahu-tahu sudah selesai dan peserta malah bertanya, apa sudah disuntik dok,” terang dokter Andi sapaan akrabnya.

Andi menjelaskan, bahwa dirinya mempelajari dan mengembangkan hipnoterapi untuk tindakan pendukung dalam penanganan medis.

“Sebagai contoh gangguan kecemasan, sulit tidur, dan keluhan lainnya. Termasuk pada saat vaksinasi seperti ini. Selain edukasi yang terus ditingkatkan kepada masyarakat, hipnoterapi juga menjadi metode efektif untuk menekan kekhawatiran dan ketakutan pada saat akan divaksin,” terangnya.

Kepala Desa Kaliyoso, Zaenuri mengaku, dirinya begitu berada ruang vaksinasi setelah selesai screening, diajak ngobrol dengan kepala puskesmas. Sementara perawat yang lain menyiapkan suntikan vaksin.

“Saya gak merasa kapan saya disuntik. Begitu selesai ngobrol, tau-tau sudah selesai disuntik dan tidak merasakan sakit,” ungkapnya.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Kangkung, Nurlatief menjelaskan, vaksinasi yang dipusatkan di Kecamatan Kangkung dan dilayani dari 2 puskesmas telah berjalan lancar.

“Dari target 146 orang, telah hadir 140 orang divaksin. Selebihnya yang tidak hadir dikarenakan telah ikut dalam kelompok lansia, ada juga yang dikarenakan tidak lolos pemeriksaan karena riwayat sakit,” ujarnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.