in

Ada Tunggakan BPJS Kesehatan, Lunasi Pakai Program Rehab

Tempat pelayanan BPJS Kesehatan. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Para peserta Jaminan Kesehatan Nasional atau pemegang Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), kini diberi kemudahan untuk melunasi tunggakan pembayaran, melalui Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab).

Inovasi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ini, diadakan khususnya untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), yang menunggak pembayaran 4 sampai 24 bulan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Debbie Nianta Musigiasari SSi Apt  AAAK, menuturkan hadirnya Program Rehab bertujuan untuk memberikan keringanan finansial, bagi peserta JKN-KIS, yang memiliki tunggakan iuran, sehingga mereka dapat membayar iuran secara bertahap.

“Adapun beberapa syarat untuk mendaftar Pogram Rehab, di antaranya peserta segmen PBPU dan BP yang memiliki tunggakan 4-24 bulan. Peserta dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165, dengan maksimal periode tahapan pembayaran selama 1 siklus program adalah 12 bulan. Nantinya status kepesertaan akan kembali aktif, setelah seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan lunas dibayarkan,” kata Debbie, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Terkait mekanisme pendaftaran, peserta dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN, dengan pilih menu Rencana Pembayaran Bertahap.

Setelah itu akan muncul informasi mengenai Program Rehab, mulai dari total tunggakan serta syarat dan ketentuan program ini. Kemudian akan ditampilkan simulasi tagihan yang dapat dipilih oleh peserta JKN-KIS.

“Adapun pembayaran tagihan iuran dapat dilakukan pada kanal-kanal yang telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Bagi peserta yang terdaftar autodebit, maka tagihan akan terkoneksi dengan tagihan autodebit-nya, kecuali Bank Mandiri, BNI dan BCA,” kata Debbie. (HS-08)

Nilai SAKIP Meningkat, Pemkab Wonosobo Terima Penghargaan dengan Predikat Baik

Kejar Target Kepesertaan JKN 98 Persen, Pemkab Cilacap Tingkatkan Sinergitas