in

ACT Buka Kantor Di Kota Magelang

Pembukaan kantor ACT Cabang Kota Magelang. (Foto : Magelangkota.go.id)

 

HALO MAGELANG – Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuka kantor cabang di Jalan Kartini Ruko Diponegoro Kota Magelang.

Wali Kota Magelang dokter Muchamad Nur Aziz, menuturkan kehadiran ACT adalah berkah bagi Kota Magelang, terlebih beberapa daerah di wilayah ini dilanda bencana.

Menurutnya, ACT adalah organisasi yang banyak terlibat dalam misi kemanusiaan di berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri. Dia pun ingin ACT Cabang Magelang bisa bergerak bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat.

“ACT adalah sebuah lembaga yang bagus. Alhamdulillah Magelang dapat berkah, karena ACT membuka cabang di sini. Mudah-mudahan gerak langkah bisa sinergi dengan pemerintah dan masyarakat,” kata dr. Aziz, pada kegiatan peresmian kantor ACT Cabang Magelang, Jumat (16/4), seperti dirilis Magelangkota.go.id.

Dikatakannya, pembukaan kantor ACT Cabang Magelang, diharapkan bukan sekadar formalitas, tetapi berperan langsung di tengah masyarakat. Gerakan kemanusiaan tidak selalu tentang kebencanaan, tetapi sedekah dan wakaf juga perlu digalakkan.

“Yang lain bisa digerakkan, seperti sekedah dan wakaf. Agar Magelang barokah, sedekah harus digalakkan. Karena untuk membuka pintu langit rejeki itu salah satunya karena masyarakatnya tidak pelit. Termasuk saya sebagai Wali Kota, Pak Wakil Wali Kota, Pak Sekda dan teman-teman semua,” ungkapnya.

Dokter Aziz pun berharap mereka bisa bekerja sama dengan pemerintah maupun dengan lembaga lain. Semangat menolong sesama harus terus membara dan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Kepala Kantor ACT Cabang Magelang, Giyanto menyatakan pembukaan kantor ini bukan sekadar seremoni tetapi juga menjadi awal yang baik dan menambah kebaikan bagi Kota Magelang.

Disebutkan, ACT telah hadir sejak tahun 2004 dan memiliki 100 kantor cabang 100 di seluruh Indonesia.

“Kami fokus pada bidang bencana dan berkembang di bidang sosial dan ekonomi, kami memiliki program-program yang telah berjalan selama ini, terakhir kami mengirim bantuan ke NTT. Kami siap berkolaborasi dengan siapapun, kami tidak membedakan satu dengan yang lain, setiap ada musibah kami siap membantu,” terang Giyanto.

Ia menyampaikan, saat ini pihaknya tengah melaksanakan program ACT nasional yakni Sedekah Pangan Ramadhan. Di Magelang, ia mengaku telah menyiapkan logistik untuk dibagikan ke masyarakat Magelang dan sekitarnya.

“Kami bekerja sama dengan Polri dan TNI untuk membantu distrubusi logistik ke masyarakat. Program ini dibentuk dilatarbelakangi pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan perekonomian terpuruk, banyak warga yang di PHK, dan lainnya,” ungkapnya. (HS-08)

Share This

Pemkot Tegal Gelar Secara Virtual Ramadhan Kuliah Dhuha

Peduli Kemanusiaan, Banjarnegara Kirim Donasi Rp 200 Juta untuk Korban Banjir di NTT