in

Abu Rokhmad Ditunjuk sebagai Plt Rektor UIN Jambi

Sumber : Kemenag.go.id

 

HALO SEMARANG –  Menag RI Yaqut Cholil Qoumas, menunjuk Prof Dr H Abu Rokhmad M Ag sebagai pelaksana tugas Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

Penunjukan itu untuk mengisi kekosongan pejabat, setelah masa tugas Rektor sebelumnya, yakni Prof Dr H Su’aidi MA PhD, yang dia emban sejak 16 Oktober 2019, berakhir pada 16 Oktober 2023.

Penugasan ini tertuang dalam Surat Perintah Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas Nomor 115952/B.II/3/2023.

Abu Rokhmad adalah Staf Ahli Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Kementerian Agama.

“Sesuai surat perintah, Prof Abu Rokhmad mulai 17 Oktober 2023 bertugas sebagai Plt UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi,” kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi, Akhmad Fauzin di Jakarta, Jumat (27/10/2023), seperti dirilis kemenag.go.id.

Akhmad Fauzin juga mengatakan Prof Abu akan bertugas sebagai Plt Rektor, sampai ditetapkan dan dilantiknya pejabat definitif untuk memimpin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sebelumnya, Prof Abu Rokhmad yang juga Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang, pernah ditunjuk sebagai Plt Rektor UIN Sumatera Utara pada Oktober 2022.

Selain menunjuk Plt Rektor UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, juga menunjuk Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UIN Walisongo.

Hal itu karena masa tugas Imam Taufiq, sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, telah berakhir pada 23 Oktober 2023.

“Masa tugas Prof Imam Taufiq sudah habis. Karenanya, Gus Men menunjuk Prof Nizar sebagai Plt Rektor UIN Walisongo,” kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi, Akhmad Fauzin, di Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Menurut Fauzin, panggilan akrabnya, Imam Taufiq dilantik sebagai Rektor UIN Walisongo pada 23 Juli 2019.

Artinya, masa jabatan Imam Taufiq sebagai Rektor UIN Walisongo sudah habis sampai 23 Juli 2023.

Namun, amanah tersebut diperpanjang hingga terbitnya surat perintah kepada Prof Nizar Ali, sebagai Plt Rektor UIN Walisongo.

Surat perintah Prof Nizar sebagai Plt Rektor UIN Walisongo Semarang, tertanggal 20 Oktober 2023.

Dia mulai menjalankan tugas sebagai Plt Rektor UIN Walisongo mulai 23 Oktober 2023.

“Prof Nizar akan menjabat sebagai Plt Rektor UIN Walisongo Semarang sampai dengan ditetapkan dan dilantiknya pejabat yang definitif,” tandasnya. (HS-08)

Gerhana Bulan Diprediksi Terjadi 29 Oktober 2023, Kemenag Ajak Umat Salat Khusuf

Wapres Tekankan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Ekosistem Syariah