Abdul Majid: Waspadai Kasus Kebakaran dan Kekeringan di Musim Kemarau

Abdul Majid, anggota Komisi D DPRD Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Kalangan DPRD Kota Semarang mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai kasus kebakaran dan kekeringan saat musim kemarau.

Abdul Majid, anggota Komisi D DPRD Kota Semarang mengatakan, di musim kemarau kasus kekeringan memang kerap menjadi problem masyarakat di beberapa wilayah di Kota Semarang.

“Beberapa daerah seperti Rowosari, Kecamatan Tembalang, Delikan Kecamatan Gunungpati, dan beberapa wilayah lain, warga di sana kerap kekurangan air bersih saat kemarau. Maka kami berharap dinas terkait lebih responsip ketika ada pengajuan air bersih dari warga,” kata politisi Gerindra tersebut, Minggu (20/9/2020).

Selain kekeringan, kasus kebakaran juga harus diantisipasi dan diwaspadai. Maka untuk itu masyarakat diminta untuk lebih waspada, seperti tak membakar sampah sembarangan atau tak lalai saat menggunakan peralatan masak.

“Saat kemarau seperti ini, banyak semak belukar yang kering. Jadi kami berharap warga tak membakar samlah sembarangan yang berpotensi menimbulkan kebakaran,” katanya.

Sementara Sekretaris BPBD Kota Semarang, Winarsono mengatakan, dari pendataan sementara ada beberapa daerah yang warganya mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Sejauh ini wilayah Rowosari dan wilayah di sekitar Pasar Pedurungan yang telah mengajukan bantuan air bersih.

Menurutnya, kemarau tahun ini diprediksi akan berlangsung dalam waktu yang pendek. Sehingga warga yang meminta bantuan menurun jika dibanding tahun lalu.

Selain itu, BBWS juga telah membantu daerah rawan kekeringan dengan membuat sumur artesis.

Selama ini ada beberapa daerah yang kerap kekurangan air bersih saat kemarau.

Di Kecamatan Tembalang ada empat kelurahan, yakni Rowosari, Meteseh, Mangunharjo, dan Tandang. Sedangkan Kecamatan Candisari di Kelurahan Jomblang. Kecamatan Genuk yakni Kelurahan Bangtayu Kulon, Bangtayu Wetan, dan Kelurahan Trimulyo.

Kecamatan Gajahmungkur terdapat dua kelurahan yakni Kelurahan Bendan Duwur,  dan Bendan Ngisor.

Untuk Kecamatan Tugu ada tiga kelurahan yakni, Kelurahan Mangkang Wetan, Mangkang Kulon dan Mangunharjo. Kecamatan Banyumanik di Kelurahan Gedawang.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.