in

94 Atlet Asal Kota Semarang Berlaga di PON XX Papua

Foto ilustrasi: Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyaksikan para atlet sepatu roda berlatih di Stadion Jatidiri. (Foto: Dok Humas Pemprov Jateng)

 

HALO SEMARANG – Sebanyak 171 atlet/pemain dan ofisial dari Kota Semarang dipastikan memperkuat kontingen Jateng pada PON XX di Papua, 1-15 Oktober mendatang. Dari jumlah tersebut, 94 di antaranya adalah atlet dan sisanya sebagai pelatih, asisten ataupun tim teknis.

Ketua Umum KONI Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara menyatakan rasa bangga atas sumbangan komposisi atlet yang berlaga di PON XX ini.

Meski jumlahnya menurun dibanding pelaksanaan PON sebelumnya, namun setidaknya jumlahnya masih lebih besar dibanding kontingen dari daerah lain di Jateng.

“Ini artinya, pembinaan atlet di Kota Semarang berjalan dengan baik. Kami bersama pengurus cabor juga masih fokus pada pembinaan dan pengembangan prestasi. Kami yakin atlet Kota Semarang dapat meraih pretasi terbaik, sukur-sukur memberikan sumbangan medali untuk kontingen Jateng,” terangnya.

Diakui, pada PON XIX, jumlah sumbangan atlet Kota Semarang sebanyak 141 orang. Namun pada pelaksanaan kali ini hanya 94 orang.

Hal itu bisa dimaklumi mengingat cabang olahraga dan nomor yang dipertandingan juga berkurang banyak. Sebelumnya dipertandingkan 44 cabor, namun kali ini hanya 39 cabor.

“Selain itu tentu saja pandemi Covid-19 yang tentunya menjadi kendala yang cukup mengganggu pelaksanaan PON XX ini,” imbuhnya.

Nantinya, Arnaz akan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) secara langsung ke Papua untuk menyaksikan atlet-atlet yang berlaga di PON XX. Karenanya, ia berharap para atlet melakukan upaya terbaik untuk meraih prestasi tertinggi.

“Tentu kita semua berharap medali. Namun yang lebih penting adalah semangat pantang menyerah serta menjunjung tinggi sportivitas. KONI Kota Semarang sendiri siap memberikan penghargaan kepada para atlet yang meraih medali di PON XX,” tandasnya.

Yang lebih membanggakan, tukas Arnaz yang juga Ketua Kadin Kota Semarang, dari 171 atlet dan ofisial tersebut, semuanya masuk dalam Program Semarang Emas (PSE). Di mana PSE merupakan program unggulan yang fokus menciptakan dan membina atlet berprestasi baik di ajang Porprov maupun PON.

Hingga saat ini, total atlet PSE Kota Semarang sebanyak 550 orang. Kesemua atlet dan ofisial Kota Semarang telah siap menuju Porprov XVI, di mana pelaksanaan Pra Porprov akan dilaksanakan pada awal tahun mendatang.

“Memang saat ini kami belum menerima kepastian kapan Porprov Jateng akan dilaksanakan, apakah tetap di tahun 2022 atau mundur 2023. Kabar terakhir, Porprov akan mundur di akhir tahun 2022. Kita tunggu saja kepastiannya dari Gubernur Jateng,” pungkasnya.(HS)

Share This

Luncurkan Program Kejar, Karier.mu Dukung Masyarakat Asah Potensi untuk Berkembang

Vaksinasi Sasar Ibu Hamil, Ini Pesan Chacha Frederica