85.025 Jiwa Lansia Jadi Sasaran Vaksin Covid-19 di Jepara

Foto : Jepara.go.id

 

HALO JEPARA – Sebanyak 85.025 lansia di Kabupaten Jepara, Rabu (10/3) hari ini secara bertahap akan mulai memperoleh vaksinasi Covid-19. Vaksinasi dilaksanakan di masing-masing puskesmas di wilayah itu.

Bupati Jepara Dian Kristiandi, seperti dirilis Jepara.go.id, mengatakan secara simbolis pelaksanaan vaksinasi untuk lansia dilaksanakan Rabu (10/3), di Balai Pelayanan Asuhan Sosial Anak Sunu Ngesti Tomo Jepara. Namun sebelumnya, sudah dimulai vaksinasi ini.

“Mudah-mudah berjalan lancar, tanpa adanya halangan apapun,” kata Andi, usai menyerahkan SK Pensiun, di Gedung Shima Kantor Setda Jepara, Selasa (9/3).

Proses vaksinasi ini, sebagai upaya ikhtiar dalam memerangi dan mengakhiri pandemi Covid-19 di Kabupaten Jepara. Semakin banyak masyarakat yang sudah vaksin, maka akan terbentuk kekebalan komunitas (herd immunity).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mudrikatun mengatakan vaksin untuk lansia baru tersedia 10.000 dosis. Hingga saat ini sudah disuntikkan kepada 469 jiwa.

“Hasil pendataan kami ada 85.025 lansia yang jadi sasaran vaksinasi,” ujar Mudrikatun, di sela kegiatan pemantauan pelaksanaan vaksinasi lansia, Selasa, (9/3).

Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara menerima 20.040 dosis vaksin Covid-19 pada vaksinasi tahap kedua. Vaksin itu diterima 2 kali. Pertama 10.000 dosis diterima pada pekan kedua Februari. Sisanya, 10.040 dosis diterima pekan pertama bulan ini.

“Tahap pertama yang diterima 8.840 dosis untuk 4.178 tenaga kesehatan. Tahap kedua sasaran vaksin untuk pelayan publik sebanyak 74.022 jiwa,” kata Mudrikatun.

Sampai saat ini capaian vaksinasi tahap dua baru 6,93 persen atau baru 5.133 warga yang divaksin pada dosis pertama. Sementara, warga yang sudah divaksin untuk dosis kedua baru 32 jiwa.

“Sampai saat ini dari vaksinasi tahap pertama maupun kedua tidak ditemukan adanya laporan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) berat,” kata Mudrikatun. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.