in

Peringati Bulan Bahasa, Ratusan Siswa di Kendal Ikuti Panen Karya

Kegiatan Panen Karya di SMP Negeri 4 Cepiring, Jumat (28/10/2022)

HALO KENDAL – Ratusan siswa SMP Negeri 4 epiring Kabupaten Kendal mengikuti kegiatan Panen Karya Siswa dan Guru yang dilaksanakan dalam rangka Bulan Bahasa 2022, Jumat (28/10/2022).

Tujuan digelarnya Panen Karya di Bulan Bahasa ini untuk meningkatkan minat baca para siswa, literasi dan numerasi.

Karya yang dihasilkan adalah mengadakan cerita dengan menggunakan tiga bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Cepiring Sutrisno mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal.

Selain itu, pihaknya juga meluncurkan majalah sekolah “Spacenesia”. Dirinya berharap majalah tersebut bisa meningkatkan daya baca para siswa.

“Karena semua isi majalah dibuat oleh guru dan siswa. Sehingga potensi prestasi siswa akan tampil di majalah sekolah Spacenesia,” ungkap Sutrisno.

Dijelaskan, SMP Negeri 4 Cepiring merupakan Sekolah Adiwiyata, sekaligus sebagai Sekolah Penggerak. Sehingga sebagai siswa SMP Negeri 4 Cepiring, harus mempunyai karakter pelajar Pancasila.

“Dengan adanya kegiatan Panen Karya, bisa meningkatkan literasi maupun numerasi pada siswa. Dengan literasi dan numerasi ini diharapkan siswa mampu berkreasi,” jelasnya

Selain itu, lanjut Sutrisno, bisa membangkitkan semangat, baik dalam berliterasi baca, maupun numerasi.

“Seperti numerasi satuan angka, berat dan numerasi tinggi badan. Bahkan di setiap tangga naik ke lantai dua, siswa akan membaca nominasi dalam anak tangga sudah ditempel numerasi,” paparnya.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kendal, Muhammad Yusuf Arianto mengatakan, nantinya mobil perpustakaan keliling akan datang ke sekolah.

“Mobil perpustakaan keliling datang ke sekolah-sekolah dengan membawa buku yang ada hubunganya dengan pendidikan. Sehingga akan menambah literasi bagi para siswa,” terangnya.

Salah seorang siswa SMP Negeri 4 Cepiring, Ahmad Ihsanudin Kholid mengaku merasa senang dengan adanya pameran mading dan launching majalah sekolahnya.

Menurutnya, hal tersebut, bisa menambah wawasan para siswa dan bisa mengekspresikan diri melalui tulisan maupun gambar.

“Saya senang ikut kegiatan ini. Karena bisa menambah wawasan. Sebab dalam pelajaran sekolah penggerak, dituntut untuk kreatif, inovatif dan komunikatif,” ungkap Ahmad. (HS-06)

Perempuan Blora Serentak Tanam Bougenville dan Kelor

Ikut Lapak Ganjar, Sate Khas Kebumen Tembus Belgia, hingga Jepang