in

651 Kontingen Jateng Siap Mendulang Medali di PON XX Papua

Atlet panjat tebing Jawa Tengah sedang berlatih pada Pelatda PON di kawasan olahraga Jatidiri Semarang.

 

HALO SEMARANG – Kontingen Jawa Tengah (Jateng) dengan kekuatan sebanyak 651 atlet dan ofisial dari 39 cabang olahraga (cabor) bersiap mendulang emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Total kontingen itu, 441 orang merupakan atlet, sisanya ofosial tim.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinung Nugroho Rahmadi mengungkapkan, pada pemusatan latihan daerah (Pelatda), seluruh atletnya tengah menjalani tahap pemantapan dan motivasi.

“Persiapan sampai saat ini sudah 95 persen, lima persennya adalah pemantapan dan motivasi serta membangun suasana pengenalan di lokasi bertanding,” kata Sinung kepada halosemarang.id, Senin (13/9/2021).

Dalam suasana pandemi, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan semangat dan kapasitas atlet yang akan bertanding. Termasuk penyikapan pelatihan atlet di pondok-pondok Pelatda.

Sinung menjelaskan, kali ini pola desentralisasi digunakan untuk memusatkan latihan. Kondisi itu disesuaikan pada persebaran atlet yang akan berjuang pada PON Papua nanti.

“Berbagai penyikapan dalam pemusatan latihan dilakukan secara terdesentralisasi. Mendekati PON, Pelatda mulai disesuaikan dengan peta epidemiologi mengarah pada sentralisasi,” jelasnya.

Kontingen Jateng, lanjutnya, memiliki kekuatan atlet sebanyak 441 atlet dari 39 cabor yang diikuti. Dengan mengirim jumlah tersebut, pihaknya optimistis banjir raihan medali pada 361 nomor yang dipertandingkan.

“Kekuatan kita untuk mengikuti PON XX Papua, sebanyak 441 atlet dari 39 cabang olahraga yang berlaga di 361 nomor dari 862 nomor yang dipertandingkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan mengharumkan nama Jawa Tengah di tingkat nasional, pihaknya berpesan pada seluruh atlet, pelatih, dan seluruh pendukung untuk yakin meraih medali. Sebab, katanya, dengan keyakinan yang telah didukung persiapan akan mudah meraih yang diharapkan.

“Kepada anak-anak muda yang bertalenta, yang digembleng tetaplah terus berlatih jangan pernah ragu karena kalian calon-calon patriot bangsa,” tandasnya.(HS)

Share This

Bengawan Solo Tercemar, Bupati Blora Mohon Maaf

Covid-19 di Sragen Melandai, Bupati Yuni Minta Tetap Waspada