in

600 Tenaga Kesehatan RSUD Bendan Kota Pekalongan Disuntik Booster Vaksin

Tenaga kesehatan di RSUD Bendan Kota Pekalongan mendapatkan suntikan booster atau vaksin dosis ketiga. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Sebanyak 600 tenaga kesehatan di RSUD Bendan Kota Pekalongan, mendapat suntikan booster vaksin atau penyuntikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.

Hal itu disampaikan Koordinator Vaksinator RSUD Bendan, dokter Difayana di sela-sela vaksinasi di aula RSUD Bendan, Jumat (27/8). Dia mengatakan penyuntikan booster vaksin itu, sudah mulai diikuti para tenaga kesehatan RSUD Bendan, sejak Senin (23/8).

“Vaksin pekan ini sudah dimulai Senin, Rabu, dan ini Jumat. Ini akan kami jadwalkan pula pada pekan berikutnya,” kata dia.

Diungkapkan dokter Difayana, bahwa ada sekitar 600 tenaga kesehatan yang disuntik vaksin dosis ketiga. Adapun pelaksanaannya dalam dua pekan, yakni pada hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Menurut dia, vaksin booster ini berbeda dengan dosis 1 dan 2. Pemberian booster ini mengunakan vaksin moderna yang memiliki efikasi lebih tinggi. Karena itu banyak tenaga kesehatan yang mengalami post vaksin, seperti pusing, mual, dan muntah, namun tidak sampai bergejala berat.

Pemberian booster ini penting untuk sebagai perlindungan bagi para tenaga kesehatan. Apalagi setelah vaksin kedua pun, ada beberapa dari mereka yang terinfeksi Covid-19.

“Setelah vaksin kedua memang ada beberapa tenaga kesehatan terpapar Covid-19. Namun mereka tak mengalami gejala berat dan isolasi mandiri biasa,” kata dr Difayana.

Sementara itu salah satu nakes di bagian gizi yang telah disuntik, Ega Suryadiana mengaku tidak merasakan gejala dan keluhan apapun usai disuntik. “Semoga dengan booster vaksin ini, imun nakes bisa meningkat lebih banyak sehingga jika terpapar maka tidak bergejala yang berat,” kata Ega.

Ega juga berharap dengan dikebutnya vaksinasi Covid-19 ini bisa membuat kasus Covid-19 terus turun, pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas normal tanpa masker. (HS-08)

Share This

103 Desa di Batang Ikut Lomba Inovasi Perencanaan Peningkatan Ekonomi Desa Berbasis Pemberdayaan Perempuan

PPKM Level 3, Pemkot Pekalongan Siapkan Uji Coba PTM