in

6 Aneka Bubur Yang Dapat Dikreasikan Ala Dapur Rumahan

Foto ilustrasi Bubur.

 

BUBUR telah menjadi salah satu menu dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Kini, menikmati sajian salah satu makanan bertekstur lembut tidak harus keluar rumah, dan ketika ada acara.
Terdapat berbagai jenis bubur yang ada di Indonesia, dapat dikreasikan sendiri di dapur rumahan. Selain sehat dan mengenyangkan, proses pembuatannya hanya memerlukan waktu tidak banyak.

Halosemarang.id merangkum, lima bubur khas Indonesia yang dapat dibikin di rumah tanpa repot ke luar rumah. Berikut daftar aneka bubur khas Indonesia ala dapur di rumah.

1. Bubur Sumsum

Bubur Sumsu/ blog.sayurbox.com

Bubur ini dapat dengan mudah dibuat dengan sederhana. Dibuat dari tepung beras, bersama santan dan sedikit garam serta daun pandan untuk wewangian.
Bubur warna putih ini enaknya dimakan dengan pelengkap kuah masnis yang terbuat dari air gula merah.

2. Bubur Candil

Bubur Candil/ pinterest.id

Bubur candil atau bubur biji salak, salah satu jenis bubur yang banyak digemari. Berbahan dasar tepung tapioka atau tepung ketan ditambah sedikit garam kemudian dibentuk bulatan kecil-kecil.
Sedangkan kuahnya terdiri dari air, tepung maizena dan sedikit daun pandan.

3. Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam/ cookpad.com

Meskipun berwarna hitam, bubur ini memiliki cita rasa yang manis. Terbuat dari beras ketan hitam yang direbus hingga lunak lalu disiram dengan saus yang terbuat santan bearoma daun pandan.

4. Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau/ cookpad.com

Tentu sudah tidak asing lagi dengan bubur satu ini. Bubur yang sering disingkat burjo ini berbahan dasar dari kacang hijau, santan, daun pandan, dan gula aren.

5. Bubur Merah Putih

Bubur Merah Putih/ resepkoki.com

Bubur ini sering kali ditemui ketika ada syukuran adat istiadat Jawa. Terbuat dari tepung beras ketan putih, lalu dicampur dengan gula merah. Dan kuah santan untuk pelengkapnya.

6. Bubur Mutiara

Bubur Mutiara/resepkoki.com

Sesuai namanya, bubur ini menyerupai butiran mutiara. Cara membuatnya cukup praktis. Berbahan baku dari butiran kecil tepung sagu hingga mendidih lalu disiram santan ditambah sedikit daun pandan dan sejumput garam.(HS)

Share This

PSI Jateng Turun Bawah Untuk Bagikan Nasi Ke Warga Tak Mampu

Trend “Dede” Saat Pandemi, Diyakini Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh