in

59 Anak Yatim-Piatu Terdampak Covid-19 di Kendal, Dapat Bantuan dari DP3AP2KB Jateng

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyerahkan bantuan dari DP3AP2KB dan Baznas Jawa Tengah bagi anak-anak terdampak Covid-19, di Pendopo Pemkab Kendal, Senin (20/9/2021).

 

HALO KENDAL – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah menyalurkan 59 Paket Sekolah untuk anak yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19 di Kabupaten Kendal.

Acara penyerahan bantuan dilaksanakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Pemkab Kendal, Senin (20/9/2021).

Kepala DP3KBP2PA Provinsi Jawa Tengah, Retno Sudewi dalam sambutannya menjelaskan, pihaknya telah bekerja sama dengan dinas terkait di tingkat kabupaten/kota untuk melakukan pendataan awal terhadap anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19.

Menurutnya, sesuai dari data DP2KBP2PA Kabupaten Kendal, calon penerima jaminan ada 389 anak, namun setelah diverifikasi menjadi 59 anak.

“Kami telah melakukan pendataan terhadap anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19, dan dari tahap awal Alhamdulillah di Kabupaten Kendal ini ada 59 anak. Bantuan yang kita berikan ini bekerja sama dengan Baznas. Bantuan yang diberikan wujud spesifik untuk anak-anak,” ujarnya.

Retno menambahkan, pihaknya akan bekerja sama dan berkolaborasi dengan Dinas Sosial maupun Dinas Pendidikan agar ke depan anak-anak yang terdampak tersebut bisa melanjutkan pendidikannya.

“Kami akan bekerja sama dengan dinas-dinas terkait, sehingga nantinya kebijakan-kebijakan yang diambil bisa satu pintu dan anak-anak itu mendapatkan bantuan semuanya,” imbuhnya.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, Akmad Darodji menyampaikan, bantuan tersebut diberikan atas kerja sama Baznas Provinsi dengan Baznas kabupaten/kota. Bantuan berupa peralatan anak-anak yang bisa digunakan untuk sekolah.

“Ini adalah bantuan yang berisi peralatan yang kami yakin bahwa itu sangat dibutuhkan anak. Selain itu kami juga akan memikirkan masa depannya jika anak tersebut butuh untuk dibantu masalah pendidikannya. Kami akan masukkan ke sekolah maupun pesantren, sehingga bisa menunjang masa depannya,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berterima kasih kepada DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah dan Baznas Provinsi atas bantuan yang telah diberikan kepada anak yatim piatu yang terdampak Covid-19 di Kendal.

“Apalagi bantuannya secara spesifik agar apa yang menjadi cita-cita mereka bisa terwujud,” kata Bupati.

Dico menambahkan, pihaknya juga akan memberikan support agar mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan menjalin bekerja sama dengan Kementerian terkait maupun Provinsi Jawa Tengah, guna membantu anak-anak yang terdampak Covid-19.

“Kita akan melengkapi sisanya. Kira-kira bantuan dari sektor-sektor mana saja yang akan kita lengkapi, dan harapannya adik-adik ini bisa menjadi kebanggaan Kabupaten Kendal,” pungkasnya.(HS)

Share This

Dishub Kota Semarang: 312 Ribu Kendaraan Berat Tak Lakukan Uji KIR

Ribuan Peserta CASN dan PPPK Kendal, Mengikuti Seleksi di Semarang