56 Pejabat di Demak Berkomitmen Tindaklanjuti Laporan Sp4n Lapor atau Hallo Demak

Para pejabat di Kabupaten Demak, menandatangani komitmen untuk menindaklanjuti laporan yang disampaikan masyarakat, melalui Sp4n Lapor atau Hallo Demak, kurang dari 12 jam. (Foto: Demakkab.go.id).

 

HALO DEMAK – Sebanyak 56 pejabat di Kabupaten Demak, telah menandatangani komitmen untuk menindaklanjuti laporan yang disampaikan masyarakat, melalui Sp4n Lapor atau Hallo Demak, kurang dari 12 jam.

Penandatanganan diawali Wakil Bupati Joko Sutanto, selanjutnya Sekda Demak Singgih Setyono, dan diikuti ketiga asisten sekda. Turut membubuhkan tanda tangan, para pimpinan OPD, sekretaris Dinas, dan para camat.

Penandatanganan komitmen, dilakukan di sela-sela Evaluasi Sp4n Lapor Kabupaten Demak 2021, di Gedung Grhadika Bina Praja, Selasa (27/04).

Kadinas Kominfo Endah Cahyarini, seperti dirilis Demakkab.go.id, mengatakan penandatanganan dilakukan agar ada komitmen dari para pejabat, untuk merespon cepat segala bentuk pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik, fasilitas umum dan sebagainya.

Hal ini sebagai bentuk untuk merealisasikan kebijakan yang menjamin hak masyarakat dalam pengaduannya secepatnya akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang.

Menurut Endah Cahyarini, pada 2020 pengaduan pada Sp4n Lapor telah diselesaikan sebanyak 211, dengan kualitas aduan sesuai substansi.

Adapun pada 2020, total aduan yang telah diselesaikan sebanyak 211 dengan rata-rata laju tindak lanjut selama 12 jam.

“Pengaduan masyarakat terkait layanan ini hendaknya dilaporkan atau di sampaikan pada saluran yang benar seperti Sp4n Lapor atau Hallo Demak melalui SMS Ketik “HALLO DEMAK” kirim ke nomor 1708, mendaftar melalui website hallodemak.lapor.go.id, menggunakan aplikasi Sp4n Lapor yang diunduh melalui playstore/appstore dan melalui Facebook dan Twitter. Nantinya akan direspons dengan cepat, karena ini laporan saluran resmi milik Pemkab”, ujarnya.

Lebih lanjut Endah mengatakan, Pemkab Demak telah mengimplementasikan SP4n Lapor, sejak September 2019 dan telah dilakukan beberapa kali evaluasi oleh Kementerian PAN RB.

Dari hasil evaluasi, Kabupaten Demak selalu memperoleh hasil yang baik. Ini dibuktikan pada tahun 2020, Demak memperoleh predikat sebagai Pengelola Sistem Pelayanan Pengaduan Publik Terbaik Nasional.

Dalam data tindak lanjut aduan Kemendagri, Kabupaten Demak telah menindaklanjuti semua aduan sebanyak 211 dengan kualitas aduan sesuai substansi.

Untuk meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat telah disusun rencana aksi di tahun 2021. “Inovasi-inovasi baru telah kita tambahkan meliputi aduan kurang 12 jam, sosialisasi dengan menggunakan T-Banner, layanan aduan langsung melalui RSKW, layanan aduan melalui media Whatsapp,” terangnya.

Pihaknya berharap di Tahun 2021 Kabupaten Demak dapat memberikan pelayanan aduan yang terbaik bagi masyarakat  dan dapat menjadi salah satu Kabupaten percontohan di Indonesia.

Sementara, Wakil Bupati Demak Joko Sutanto menyampaikan, Sp4n Lapor Demak sudah mendapat beberapa kejuaraan baik provinsi dan nasional, maka harus dijaga dan rawat. Karena pada prinsipnya aduan ini dari pelayanan yang tidak pernah puas. Pertanyaan ketidak puasan masyarakat ini terkadang benar atau terkadang tidak benar untuk itu dihaimbau kepada pengelola masing-masing OPD harus sabar.

Ini merupakan bentuk transparasi keterbukaan informasi publik.

“Untuk itu kita harus berterima kasih,  ada yang mengingatkan kinerja kita, dari pada kita kerja tidak terukur dan jadi bencana kedepannya,” kata dia.

Narasumber Analis Pengaduan Masyarakat Kementerian PAN-RB, Tommy Putra Pratama Gunawan, dalam Evaluasi Sp4n Lapor Kabupaten Demak 2021, mengatakan pengaduan adalah hadiah yang diberikan masyarakat untuk jajaran Pemkab.

Untuk itu perlu diberikan apresiasi dengan cara menindaklanjuti aduan dengan cepat.

“Justru masyarakat yang dapat melihat celah-celah kecil dari kinerja  pemerintah, maka dari itu kita harus memberikan pelayanan terbaik. Jangan jadikan aduan ini sebagai tugas tambahan tapi merupakan gift dari masyarakat,” kata dia. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.