44.077 Pengawas TPS di Jateng Dilantik

Foto ilustrasi Pilkada 2020.

 

HALO SEMARANG – Sebanyak 44.077 orang di Jawa Tengah dilantik sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Pelantikan dilakukan secara serentak mulai 14 hingga 16 November 2020. Prosesi pelantikan dihelat di masing-masing Panwaslu Kecamatan di 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2020.

Koordinator Divisi Organisasi Bawaslu Jateng, Gugus Risdaryanto mengatakan, karena masih dalam kondisi pandemi, prosesi pelantikan dilakukan dengan mentaati protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Mulai dari wajib memakai masker, menjaga jarak, tersedia hand sanitizer dan lain-lain.

Dalam pelantikan itu ada prosesi “Sumpah/Janji Pengawas TPS” yang harus diucapkan para Pengawas TPS.

“Para Pengawas TPS harus bersumpah melaksanakan tugas dengan baik. Setelah prosesi pelantikan selesai, dilanjutkan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas TPS,” katanya, seperti dalam rilis yang diterima halosemarang.id, Minggu (15/11/2020). Dikatakan, Bimtek dilakukan dengan memberikan materi-materi pengawasan terhadap Pengawas TPS.

Masa kerja Pengawas TPS sendiri terhitung sejak 23 tiga hari sebelum pemungutan suara, dan berakhir 7 hari setelah pemungutan suara.

“Untuk mencegah penyebaran Covid-19, para Pengawas TPS di Jawa Tengah juga akan menjalani rapid tes yang rencananya akan dilakukan tanggal 26 – 28 November 2020,” katanya.

Sementara Koordinator Divisi SDM Bawaslu Jateng, Sri Sumanta mengatakan, Bawaslu Jawa Tengah meminta agar para Pengawas TPS senantiasa menjaga integritas dan profesional dalam melaksanakan tugas.

Dalam menjalankan tugas dan amanat itu, Pengawas TPS harus mentaati aturan-aturan yang ada.

“Profesional, netral, independen, berintegritas adalah nilai-nilai yang harus dipegang oleh Pengawas TPS,” katanya.

Ditambahkan, jika Pengawas TPS mengalami situasi-situasi sulit atau kendala tertentu maka mereka bisa berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Pengawas yang ada di atasnya, yaitu Panwaslu Kelurahan/Desa.

Sebelumnya, jumlah pendaftar PTPS di seluruh wilayah Jawa Tengah sebanyak 82.707 orang. Sebelum menetapkan Pengawas TPS terpilih, Panwaslu kecamatan sudah mengumumkan nama-nama calon Pengawas TPS.

Publik/masyarakat bisa menyampaikan tanggapan dan masukan atas calon tersebut.

Setelah melakukan seleksi, Panwaslu Kecamatan mengumumkan nama-nama Pengawas TPS terpilih pada 13 November yang lalu.

“Nama-nama yang terpilih selanjutnya dilantik sehingga mereka secara sah menjadi Pengawas TPS Pilkada 2020,” tandas Sri Sumanta.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.