in

434 Calon Perangkat Desa di Kendal Mengikuti CAT

Para Peserta tes perangkat desa dari 20 desa di 4 kecamatan di Kendal, Kamis (17/6/2021).

 

HALO KENDAL – Sebanyak 434 peserta calon perangkat desa di Kabupaten Kendal, mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan di Kampus STIE Semarang, Kamis (17/6/2021).

434 peserta tersebut berasal dari 20 desa di empat kecamatan. Yakni Kecamatan Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Brangsong dan Sukorejo dengan formasi tujuh jabatan yang ada.

Yakni jabatan Kepala Dusun, Kaur Umum dan Perencanaan, Kaur Keuangan, Sekretaris Desa, Kasi Kesejahteraan, Kasi Pemerintahan dan Kasi Pelayanan.

Hal ini sesuai dengan Perbup Kendal Nomor 51 Tahun 2017, Tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kendal Nomor 2 Tahun 2017, Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa di Kabupaten Kendal.

Ketua STIE Semarang, DR ST Sunarto MS mengatakan, ada beberapa kecamatan dan puluhan desa di Kabupaten Kendal yang bekerja sama dengan STIE Semarang dalam pelaksanaan tes perangkat ini.

“Adapun soal yang diberikan sebanyak 100 soal, dengan waktu mengerjakan yang diberikan selama 90 menit,” terangnya kepada halosemarang.id.

Adapun untuk penilaian skor, lanjut Sunarto, dilakukan secara transparan. Peserta maupun panitia bisa melihat langsung hasil di server dan juga di layar lebar.

“Tiap tiga menit, skor nilai akan berubah sesuai dengan yang dikerjakan oleh peserta,” jelasnya.

Sunarto menambahkan, dari soal yang diberikan kepada peserta, 70% kompetensi dasar akademik.

“Meliputi Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Pengetahuan Umum dan Pemerintahan desa. Sedangkan 30 persenya, meliputi tes kompetensi masing-masing bidang,” pungkasnya.(HS)

Share This

Panglima TNI Puji PPKM Mikro Kudus, Dijadikan Contoh di Bangkalan Madura

Kebakaran di Kawasan Indonesia Power Hebohkan Warga