in

400 Warga Kampung Lele Boyolali Divaksin Covid-19

Warga Mangkubumen (Kampung Lele) Desa Tegalrejo Kecamatan Sawit, mendapat vaksin Sinovac dosis pertama di salah satu rumah warga. Jumat (10/11) (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Dinas Kesehatan Boyolali, menggelar vaksinasi untuk warga di Kampung Lele, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Jumat (10/9).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Boyolali, Rita Indrihastuti, mengatakan sebanyak 400 warga setempat, akan menjadi sasaran vaksin. Adapun untuk vaksinastor, dilakukan oleh tim dari Dinkes Kabupaen Boyolali dan tim dari Puskesmas Sawit

“Sasarannya sejumlah 400 sasaran. Kemudian yang sedang kita vaksinasi sejumlah 250 sasaran dan  vaksinasinya kita menggunakan Sinovac dosis pertama,” kata dia, seperti dirilis Boyolali.go.id.

Selain di Kecamatan Sawit, vaksinasi juga serentak dilakukan di sejumlah desa. Antara lain di Desa Randusari dan Kopen di Kecamatan Teras; Desa Tanjungsari di Kecamatan Banyudono; Desa Kendel Kecamatan Kemusu; Desa Titang dan Jeron di Kecamatan Nogosari; serta di Dukuh Tumang Desa cepogo, Kecamatan Cepogo.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono mengatakan hingga Jumat (10/9), sudah 34 persen warga Kabupaten Boyolali yang mendapatkan vaksinasi, baik dosis pertama, kedua, atau ketiga.

“Harapan kami sampai awal bulan depan, tembus angka 50 persen. Dengan catatan ketersediaan vaksin dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jateng lancar,” kata Insan, Jumat (10/).

Dilaporkan, ketersediaan vaksin jenis Sinovac di Dinkes Kabupaten Boyolali masih sebanyak 13.000 vial yang masing masing vial berisi 10 dosis vaksin sehingga total sekitar 78.000 dosis vaksin Sinovac masih aman.

Disinggung mengenai program percepatan capaian sasaran vaksinasi, Insan akan melakukan strategi dengan meminta seluruh bidan desa di 267 desa/kelurahan untuk menjadi tim vaksin di desanya.

“Harapan saya tim dari masing masing desa itu memiliki kinerja sampai 250 suntikan per hari. Sehingga apabila ini nanti terbentuk bukan tidak mungkin kita mampu melaksanakan dalam satu hari itu 50.000 suntikan per hari untuk percepatan vaksin,” jelas Insan.

Sebagai tambahan informasi, sebanyak 25 tim dari Puskesmas di masing masing kecamatan dan 10 tim dari Dinkes Kabupaten Boyolali mampu mencapai 12.000 dosis vaksinasi setiap hari. Kedua tim tersebut juga dibantu tim dari instansi lain antara lain tim dari Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Boyolali, PMI, RSDC, RSUD Simo, RSUD Waras Wiris dan organisasi lainnya. (HS-08)

Share This

Klaten Segera Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Sabtu (11/9/2021)