400 Rumah Di Dusun Sukup Kulon Desa Purwokerto Tergenang Banjir, Warga Desak Normalisasi

Saluran air yang tersumbat mengakibatkan ratusan rumah warga Dusun Sukup Kulon Desa Purwokerto, Patebon kebanjiran, Minggu (7/2/2021).

 

HALO KENDAL – Dusun Sukup Kulon, Desa Purwokerto, Kecamatan Patebon yang selama ini tidak pernah kebanjiran, saat musim hujan tahun ini harus merasakan banjir. Sedikitnya ada 400 rumah yang tergenang banjir.

Mahmudi warga RT 04 RW 06 Desa Purwokerto yang juga Ketua Badan Pernusyawaratan Desa (BPD) ini mengaku sudah tinggal selama 13 tahun, dan baru kali ini merasakan kebanjiran.

Meski demikian, ia pun mengaku sudah pernah terjadi banjir besar di Kendal beberapa tahun lalu, namun wilayahnya aman-aman saja.

“Di wilayah RW 6 ada 400 rumah lebih, awal tahun ini tergenang air. Ini yang jadi pertanyaan warga, karena selama ini tidak pernah banjir,” ujar Mahmudi.

Menurutnya, air masuk karena saluran air tidak mampu menampung debit yang tinggi, sehingga melimpas ke jalan dan masuk ke perkampungan.

“Ketinggian air bervariasi dari mata kaki hingga lutut orang dewasa,” imbuh Mahmudi.

Penasaran dengan banjir yang menggenangi 400 lebih rumah di wilayahnya, bersama dengan beberapa warga, dirinya melakukan pengecekan saluran air. Bahkan Kades Purwokerto, Kecamatan Patebon, Suprapto, juga ikut melakukan pengecekan.

“Kami melakukan pengecekan dan didapati banyak saluran air yang tersumbat, terutama di bawah lapak-lapak pedagang yang ada di perempatan jalan dekat Kalibuntu,” imbuh Mahmudi.

Dari hasil pengecekan di lokasi saluran, di bawah lapak-lapak pedagang saluranya buntu, sehingga saat ada aliran air yang deras tidak bisa menampung.

Untuk itu, pihaknya bersama warga akan mengirim surat ke Pemkab Kendal untuk membantu pembersihan saluran, karena saluran berada di Jalan Kabupaten.

“Warga meminta segera dilakukan normalisasi saluran air dan meminta pedagang agar mematuhi aturan yang ada,” ujar Mahmudi.

Sementara itu Kepala Desa Purwokerto, Suprapto, berjanji akan memenuhi permintaan warga untuk mengirimkan surat juga ke Pemkab Kendal dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

“Jika surat warga sudah masuk kami akan mengirim surat ke Bupati dan juga DPUPR Kabupaten Kendal untuk ditindaklanjuti,” tandas Suprapto.

Pantauan di lapangan hampir semua gang di Dusun Sukup Kulon, Desa Purwokerto tergenang. Air meluap dari saluran sejak Sabtu kemarin.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.