4 Tahun Berturut – turut Pemalang Raih WTP

Penyerahan penghargaan atas opini WTP oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Type A Tegal, Fanny Feriyanto, diterima oleh Kepala BPKAD Pemalang, MA Puntodewo mewakili Bupati, di Pemkab Pemalang. (Foto : pemalangkab.go.id).

 

HALO PEMALANG – Pemerintah Kabupaten Pemalang, kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pencapaian ini diraih Pemkab Pemalang selama 4 tahun berturut – turut sejak tahun 2016.

Penghargaan WTP diserahkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Type A Tegal, Fanny Feriyanto dan diterima oleh Kepala BPKAD Pemalang, MA Puntodewo mewakili Bupati, di ruang kerjanya, seperti dirilis pemalangkab.go.id, kemarin.

Usai menerima opini WTP, Puntodewo menyampaikan  terima kasih terhadap apresiasi yang telah diberikan Menteri Keuangan lewat KPPN Tegal, kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Puntodewo menuturkan,  penghargaan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada setiap tahunnya. Pemeriksaan, kata  Puntodewo, diawali dengan pemeriksaan oleh BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah yang dilakukan secara rutin.

“Sejak tahun 2016, kami sudah menerima sehingga saat ini sudah yang keempat kalinya secara berturut -turut”, ungkap Puntodewo.

Disampaikanya, bahwa penghargaan tersebut merupakan penilaian dari Menteri Keuangan terkait laporan pengelolaan keuangan pemerintah daerah dan atas nama Menteri Keuangan maka diberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang berupa piagam.

Piagam tersebut tersebut, merupakan bentuk pengakuan BPK terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah di Kabupaten Pemalang yang dinilai sudah baik dan mendukung opini wajar tanpa pengecualian. Sedangkan Pemberian penghargaan opini WTP yang diberikan pada tahun 2020 sekarang ini adalah penghargaan dari hasil  pemeriksaan pengelolaan LKPD tahun sebelumnya yaitu tahun 2019.

“Kalau toh memang nanti pada tahun 2021 ada prestasi atau opini WTP yang didapatkan, berarti pengelolaan pada saat pemerintahan yang tahun 2020 “. kata Puntodewo.

Terkait dengan WTP yang diterima oleh Kabupaten Pemalang, Puntodewo menyebutkan, secara berturut -turut, Kabupaten Pemalang telah menerima opini WTP  hingga empat kali ini, yakni  pada tahun 2916, 2017, 2018 dan 2019, yang diberikan pada tahun 2020 ini. Sementara untuk yang tahun 2020 diberikan pada tahun 2021.

“Setidak – tidaknya kita masih bisa mempertahankan opini WTP itu”, harapnya.

Dikatakan BPKAD dan instansi yang mengelola keuangan daerah komitmen terhadap semua hasil temuan dari BPK. Baik temuan yang sifatnya aspek kepatuhan maupun aspek administrasi, semua berusaha untuk ditindaklanjuti sehingga pengelolaan keuangan kedepan diharapkan selalu atau dapat meningkat dari tahun ke tahun. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.