in

388 Mahasiswa PTN Asal Sragen Terima Beasiswa Sintawati

Para mahasiswa PTN dan alumni penerima program Sintawati, mengikuti gathering di Pendopo Taman Ndayu Park Sragen, Sabtu (27/1/2024). (Foto : sragenkab.go.id)

 

HALO SRAGEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, sejak 2012 sampai 2023, telah memberikan bantuan dana pendidikan, melalui program Siswa Pintar Sukowati (Sintawati), kepada 388 mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) asal Sragen di seluruh Indonesia.

Bantuan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa PTN asal Sragen yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu itu, merupakan inovasi layanan Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPT PK) Kabupaten Sragen.

Di antara para penerima, ada pula yang kuliah di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Soloraya, di Gemolong, Sragen.

Pemkab Sragen melalui laman sragenkab.go.id, menyebutkan beasiswa kepada 388 mahasiswa itu diberikan dari tahun 2012 sampai 2023, dan banyak dari mereka yang kini telah lulus.

Untuk menjalin silaturahmi, sekaligus mengetahui keberhasilan program Sintawati ini, seluruh alumnus Sintawati mengikuti Gathering Mahasintawati, di Pendopo Taman Ndayu Park Sragen, Sabtu (27/1/2024).

Gathering yang berlangsung sejak pukul 09.30 WIB itu juga dilakukan secara virtual meeting, karena ada beberapa penerimanya merupakan mahasiswa aktif di PTN luar Jawa Tengah, seperti, Lombok, Makassar, dan Bogor.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, yang hadir sekaligus menyapa ratusan mahasiswa tersebut, mengungkapkan bahwa pemberian beasiswa ini, menunjukkan bahwa pemerintah daerah hadir dalam upaya mengurangi beban biaya mahasiswa berprestasi dalam mengikuti proses pendidikan.

Menurutnya, para pemuda Sragen banyak yang mempunyai semangat juang tinggi untuk menjadi orang yang sukses.

Bupati Sragen pun optimistis, dengan kepedulian pemerintah daerah saat ini, akan membuat para pemuda itu lebih loyal untuk ikut membangun daerahnya.

“Alhamdulillah, program Sintawati ini insyaAllah akan mendongkrak motivasi para pemuda Sragen untuk lebih semangat lagi melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Manfaatkan beasiswa ini sebaik-baiknya. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikannya ke universitas dan banggakan kedua orangtua,” ungkap Bupati.

Karena banyaknya antusias warga pendaftar program beasiswa pendidikan itu, Bupati mengatakan pihaknya akan menambah kuota penerima Sintawati pada tahun 2025 mendatang.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sragen, Finuril Hidayati, mengatakan peserta gathering ini selain para mahasiswa aktif, juga menghadirkan para alumni penerima beasiswa Sintawati yang sekarang sudah bekerja.

“Kalau yang alumni, kita hadirkan agar mereka memotivasi para mahasiswa aktif lewat testimoni saran masukan,” ujarnya.

Alumnus penerima beasiswa Sintawati, yakni Fitri Handayani, mengungkapkan  beasiswa yang diterimanya sangat bermanfaat bagi dirinya yang sedang menempuh pendidikan Strata-1 Peternakan di Universitas Brawijaya Malang.

“Adanya beasiswa ini, Alhamdulillah dapat membantu saya untuk mewujudkan impian saya menempuh pendidikan S-1 Peternakan di Perguruan Tinggi Negeri. Dulu saya tidak yakin lulus SMA bisa melanjutkan sekolah, karena keterbatasan ekonomi. Namun, berkat adanya Sintawati ini, InsyaAllah saya bisa mewujudkan cita-cita saya mempunyai usaha ternak kambing di Sragen. Terimakasih Pemkab Sragen dan Ibu Bupati,” kata dia. (HS-08)

Silaturahmi dengan PGRI, Pj Bupati Kudus: Pendidikan Investasi Paling Mahal

Resmikan Gedung Haji dan Umrah, Bupati Purworejo Sebut Kemabruran Tidak Dilihat dari Gelar