in

350 Warga Pucangrejo Gemuh Kendal, Antusias Mengikuti Vaksinasi

Kades Pucangrejo, Agus Riyanto saat berbincang dengan warga yang divaksin di Balai Desa Pucangrejo, Kamis (26/8/2021).

 

HALO KENDAL –¬†Sedikitnya 350 warga Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, terlihat antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk warga usia 18 tahun ke atas, di Balai Desa Pucangrejo, Kamis (26/8/2021).

Kepala Desa Pucangrejo, Agus Riyanto mengatakan, pihaknya terus menggencarkan program vaksinasi bagi warga. Karena pandemi Covid-19 belum juga usai hingga saat ini.

Menurutnya, pemberian vaksin bagi warga ini sangat penting, agar kekebalan kelompok di masyarakat segera terbentuk untuk mencegah penularan Covid-19.

“Vaksinasi ini dilakukan untuk membentuk antibody tubuh terhadap virus Covid-19 agar dapat bekerja secara optimal,” terangnya kepada halosemarang.id.

Dijelaskan, para warga sebelum mengikuti vaksinasi terlebih dahulu mendaftarkan di Kepala Dukuh masing-masing. Dengan menyertakan fotocopy KTP dan memberikan nomor telepon atau ponsel.

Sembari meninjau kegiatan, Agus juga menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan warga yang ssdang divaksin.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga berpesan kepada warga, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Walaupun sudah mendapatkan vaksin, saya berharap, panjenengan semua tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat,” pesan Agus.

Ia pun berharap agar program vaksinasi ini terus berlanjut karena baru sebagian warga saja yang menerima vaksin Covid-19. Sampai saat ini sudah ada 700 warganya yang divaksin.

Alhamdulillah, pelaksanaan vaksinasi yang kesekian kali ini berjalan lancar. Warga yang mengikuti juga mematuhi prokes, yakni memakai masker dengan benar, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” tukas Agus.

Satu persatu warga dengan tertib mengikuti proses vaksinasi ini. Dari sejak pendaftaran sampai dengan penyuntikan vaksin.

Bagi warga yang sudah divaksin diberikan dua butir pil Paracetamol, apabila terjadi efek dari vaksinasi. Selain itu, warga yang sudah divaksin diminta untuk menunggu selama 30 menit untuk mengetahui ada tidaknya efek dari vaksin.

Kepala Puskesmas Gemuh 2, dr Fitroh mengapresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Desa Pucangrejo bekerja sama dengan Puskesmas Gemuh 2, sehingga warganya antusias mengikuti kegiatan vaksinasi hari ini.

Dikatakan, vaksin yang diberikan kali ini adalah vaksin Moderna dengan target 350 warga.

“Kegiatan vaksinasi hari ini berjalan lancar. Dengan vaksin Moderna dari Amerika yang efikasinya 94 persen jadi bisa untuk komorbid, jadi mantab,” ujar dr Fitroh.

Sementara itu menurut penuturan salah seorang warga, Hasan (44), vaksinasi massal ini bagus karena bisa mencegah penyebaran covid di desanya.

“Tidak terasa sakit dan belum ada gejala sedikitpun sesudah divaksin dan semoga tidak ada gejala sampai pelaksanaan vaksin yang kedua nanti,” ungkapnya.(HS)

Share This

Instalasi Pelayanan Thalasemia Terpadu di Banyumas Direhab

Datang Malam, Bupati Kebumen Memasak Nasi Goreng Untuk Warga