in

32 RT di Boyolali Dapat Penghargaan Lomba MCD

Bupati Boyolali M Said Hidayat bersama Wakil Bupati Wahyu Irawan (kanan) Dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Boyolali Insan Adi Asmobo, saat peluncuran Posyandu Smart And Healty di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali. Kamis (7/10). (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Sebanyak 32 rukun tetangga di Kabupaten Boyolali, memperoleh penghargaan dalam lomba Monitoring Center for Development (MCD). Lomba yang digelar Inspektorat Kabupaten Boyolali ini, dalam rangka Pekan Metal Pekan Integritas Tingkat Kabupaten Boyolali.

Penyerahan penghargaan lomba tersebut, dilaksanakan di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali, Kamis (07/10).

Dalam laporannya, Plt Inspektur Kabupaten Boyolali Totok Eko YP, menjelaskan tujuan lomba MCD tingkat RT, adalah untuk memacu organisasi masyarakat tingkat terbawah tersebut, agar ikut aktif tertib administrasi, tertib infrastruktur dasar, dan aksesbilitas.

Selain itu juga memiliki lingkungan yang bersih, keluarga yang sejahtera, memiliki kearifan lokal, dan masyarakat yang memiliki wirausaha bersama.

Bupati Boyolali M Said Hidayat, mengatakan lomba ini diharapkan mampu menjadi pendorong dan pemicu seluruh RT di Kabupaten Boyolali untuk lebih baik. Lomba ini juga mendukung upaya Pemkab Boyolali, dalam membenahi data secara keseluruhan.

“Yang paham betul ruang lingkup masyarakat terujung adalah para ketua RT.” Kata dia, seperti dirilis Boyolali.go.id.

Bupati Said menambahkan dengan adanya RT, Lurah dan Camat yang mendapat penghargaan, dapat menjadi contoh bagi wilayah lain untuk bergerak bersama membangun Kabupaten Boyolali.

“Setidaknya ketepatan sasaran ini yang kita harapkan dapat sesuai dengan prioritas mana yang akan kita intervensi, dan itu sesuai dengan apa yang nanti kita jadikan database untuk ke depan.” ungkapnya.

Pada pelaksanaan teknis lomba MCD tingkat RT, dari total jumlah RT se-Kabupaten Boyolali sebanyak 6.632 RT, yang mendaftar lomba ada 512 RT, dan yang mendapat penghargaan sejumlah 32 RT.

Terdapat beberapa tema yang dilombakan, yang pertama tema Organisasi dengan sub tema Tertib Administrasi, Aku Hatinya PKK, Kartal (karang taruna metal), dan Posyandu “Smart and healthy”.

Selanjutnya tema yang kedua adalah Infrastruktur lingkungan dengan sub tema RT jalan mantab, RT Tertib PJU, RT Terpelajar, RT Sehat, RT Layak Anak dan RT Bugar.

Kemudian tema yang ketiga adalah Air minum, sanitasi dan kebersihan lingkungan dengan sub tema RT Gunakan Air Bersih, RT Standar BABS, RT Bebas Limbah, RT Tertib Sampah, RT Menjaga Air Tanah.

Tema yang keempat adalah Kesejahteraan dengan sub tema RT Menjaga Air Tanah, RT Sehat, RT Pintar, RT Kreatif, Rumahku Istanaku, dan RT ku Nyaman Ditinggali. Selanjutnya tema yang kelima adalah Tematik dengan sub tema RT Berbudaya, RT Punya Cerdas, RT Kuliner Enak, RT Pengrajin, RT Tani dan Produksi, RT Ternak, RT Wisata dan RT Unit Usaha.

Selain RT, ada pula penghargaan yang diberikan kepada Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang mampu melaksanakan visi misi Boyolali Metal. Kecamatan yang mendapat penghargaan Kecamatan Metal adalah Kecamatan Ampel. Kemudian Kelurahan yang memperoleh penghargaan Kelurahan Metal yakni Kelurahan Banaran, Kecamatan Boyolali. Dan untuk penghargaan Desa Metal diberikan kepada Desa Temon, Kecamatan Simo.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan pula penandatanganan Peraturan Bupati (Perbub) Boyolali tentang Monitoring Center for Development (MCD) Boyolali dan peluncuran Posyandu Smart And Healthy oleh Bupati Boyolali. (HS-08)

Share This

Pemerintah Kota Solo Minta Pelaku Usaha Memanfaatkan Pemasaran Digital

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (8/10/2021)