in

30.660 Keluarga di Rembang Dapat Dana Bantuan Pangan lewat Kantor Pos

Penyerahan dana bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat, di Kantor Pos. (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO REMBANG – Pemerintah mulai menyalurkan dana bantuan sosial pangan 2022, Selasa (22/2/2022) kepada 30.660 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Rembang.

Penyaluran bantuan yang sebelumnya disebut Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) itu, dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui PT Pos Indonesia, dan ditargetkan selesai pada 5 Maret.

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro’, secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut, kepada salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Pos Indonesia.

Wabup Hanies dalam kesempatan itu mengatakan, pantauan hari pertama ini sudah cukup bagus. Mekanisme antrean juga dinilai sudah rapi.

Dari sejumlah penerima yang ditanya, Wabup menyebut mereka lebih senang tunai dibanding bantuan berupa sembako.

Gus Hanies berpesan penyaluran ke depan diusahakan lebih baik lagi , meskipun kali ini sudah rapi.

“Yang mengantre harus disediakan ruang tunggu atau kursi seperti ini sebelum mereka masuk,” kata dia, seperti dirilis Rembangkab.go.id.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Subhan menyebut penyaluran BPNT tahap pertama ini ada 30.660 KPM. Targetnya pada 5 Maret penyalurannya selesai.

“Besarannya sama Rp 200 ribu per bulan. Namun ini diberikan langsung tigas bulan, Januari, Februari, dan Maret jumlahnya Rp 600 ribu, ” rincinya.

Subhan menjelaskan teknis penyalurannya yang dulu melalui Bank BNI dan E-Warung sekarang kebijakan Pemerintah Pusat lewat kantor pos. Kemudian syarat yang harus dibawa penerima BPNT, yakni membawa KTP dan undangan yang dikirim dari Kantor Pos.

Bagi lansia renta dan difabel , Dia mengungkapkan petugas kantor pos akan memberikan layanan jemput bola.

“Bagi yang lansia dan difabel, petugas kantor pos akan doortodoor ke rumah mereka tanpa surat keterangan dari kepala desa. Jadi lebih mempercepat,” kata dia.

Terkait tempat penyaluran, tidak selalu di kantor pos, mengingat masih pandemi Covid-19. Ada yang disalurkan di kantor pos, di pendapa kecamatan, dan ada yang di balai desa.

Adapun jumlah KPM yang lebih dari 400, maka waktu penyaluran dibuat dua tahap. Pengambilan pagi pukul 08.00 – 11.00 WIB dan penyaluran siang pukul 11.00- 15.00 WIB.

Trimah penerima BPNT asal desa Sumberjo Kecamatan Rembang, mengaku bersyukur atas bantuan yang diterimanya. Bantuan yang diberikan nantinya akan digunakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga.

“Alhamdulillah angsal 600 (dapat Rp.600 ribu-red). Seneng arta ngeten niki (senang uang tunai seperti ini dari pada sembako-red) , saget (bisa) sesuai kebutuhan, ” ungkapnya.

Sedangkan mengenai tunggakan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2021, akan diselesaikan bersama penyaluran BPNT reguler 2022 maksimal bulan Maret ini. Total tunggakan 3.660 KPM yang berhak menerima bansos tersebut. (HS-08)

Bupati Hartopo Optimistis All New Maranatha RS Mardi Rahayu Jadi Ikon Kebanggaan Kudus

Ada Ruangan Khusus Covid-19, Bupati Rembang Nilai RS PKU Muhammadiyah Pamotan Sempurna