in

27 Titik E-Tilang Siap Diaktifkan di Wilayah Polda Jateng

Konferensi Pers oleh Ditlantas Polda Jateng Senin (22/2/2021) pagi.

 

HALO SEMARANG – Ditlantas Polda Jateng mempersiapkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau E-tilang terhadap pelanggar lalu lintas di 27 titik wilayah Jawa Tengah.

Dir Lantas Polda Jateng, Kombes Rudy Syafiruddin mengatakan, 27 titik ini bisa ditingkatkan lagi sebanyak 52 titik dengan tujuan mengurangi pelanggaran lalu lintas, dan menambah kesadaran masyarakat dalam hal menjaga diri saat berkendara.

“Saya tekankan di sini, agar masyarakat benar-benar patuh terhadap lalu lintas dan tidak ada konflik langsung dengan petugas,” kata Kombes Rudy Syafiruddin, saat konferensi pers di Polda Jateng Senin (22/2/2021) pagi.

Jenis-jenis pelanggaran yang terdeteksi oleh cctv ETLE Ditlantas Polda Jateng diantaranya, pelanggaran traffic light, pelanggaran marka jalan, pelanggaran tidak menggunakan sabuk pengaman, dan pelanggaran lalu lintas lainnya.

Kombes Rudy juga menambahkan, penerapan ETLE juga mempunyai enam titik SpeedCam untuk memantau pengendara yang ugal-ugalan dan melampaui batas maksimal kecepatan.

“Enam titik speedcam itu di berada di dua titik di Klaten, dua titik di Boyolali, dan dua titik di Karanganyar,” pungkasnya.

Rudy menjelaskan, jika dalam tiga kali surat tilang elektronik yang terkirim di alamat pemilik kendaran tidak diindahkan, maka secara otomatis akan terblokir.

Rudy juga menjelaskan jika dalam tiga kali surat tilang elektronik yang terkirim dialamat pemilik kendaran tidak diindahkan maka secara otomatis akan terblokir.

“Dan orang yang membayar denda harus menyertakan keseluruhannya, KTP asli, STNK dan sebagainya. Untuk disamakan jenis kendaraan dan pemiliknya. Jadi tidak ada lagi, Pak ini bukan kendaraan saya, tapi kita belum balik nama, sudah saatnya satu orang satu kendaraan. Kalau di pinjamkan itu risiko,” jelasnya.

Dir Lantas Polda Jateng, Kombes Rudy Syafiruddin mengimbau dengan adanya sistem ETLE ini masyarakat bisa terdidik untuk tidak melakukan pelanggaran lalu lintas dan patuh terhadap aturan yang ada.

“Karena sekecil apapun aktivitas masyarakat akan termonitor oleh kamera dan jika ada pelanggaran itupun tidak bisa terbantahkan oleh kami,” imbuhnya.(HS)

DATA LOKASI CAMERA ETLE (21 TITIK)
1. 3 TITIK OLEH DITLANTAS :
a. JL.PANDANARAN DPN RS HERMINA Semarang
b. JL. PANDANARAN DEPAN KANTOR BRI Semarang
c. JL. BRIGJEN KATAMSO Semarang
2. 1 TITIK DI POLRES DEMAK
a. TL BOGORAME
3. 1 TITIK DI POLRES KUDUS
a. JL. COKROAMINOTO
4. 2 TITIK DI POLRES PATI
a. JL KOL SUNANDAR
b. JL. A YANI
5. 6 TITIK DI POLRESTA SURAKARTA
a. SP 5 KOMPLANG
b. SP 5 BALAPAN
c. SP 4 KERTEN
d. SP 4 SATE DAHLAN
e. SP 4 MUJAHIDIN
f. SP 4 PATUNG WISNU
6. 2 TITIK DIPOLRES KLATEN
a. SP 4 PASAR SRAGO
b. SP 4 BENDO GANTUNGAN
7. 1 TITIK DI POLRES KARANGANYAR
a. SP 3 NGLANO
8. 1 TITIK DI POLRES WONOGIRI
a. SP 4 PONTEN
9. 1 TITIK DI POLRES KEBUMEN
a. SP 5 KEBULUSAN
10. 2 TITIK DI POLRES CILACAP
a. SP 4 TERMINAL
b. SP 4 ALUN-ALUN
11. 1 TITIK DI POLRES PURBALINGGA
a. SP 4 TERMINAL.(HS)

Share This

Vaksinasi Gelombang II, Tidak Usah Takut

Pedagang Pasar Klewer Solo Divaksin Akhir Februari