in

27 Sekolah Dasar di Kota Semarang Kekurangan Siswa

Para siswa SDN Plalangan 03 Gunungpati, Semarang.

HALO SEMARANG – Di Kota Semarang ada 27 sekolah dasar yang masih kekurangan siswa pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) Online 2019.

Selain SDN Plalangan 03 Gunungpati, dari data Disdik Kota Semarang sekolah yang masih kekurangan siswa di antaranya yaitu SD Negeri Karangtempel, SD Negeri Randugarut, SD Negeri Kandri 02, SD Negeri Pakintelan 02, SD Negeri Pakintelan 03, dan SD Negeri Ngaliyan 04.

Kurangnya minat siswa baru untuk masuk atau mendaftar ke sekolah pinggiran seperti SDN Plalangan 03 Gunungpati, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Sapto Giri, dinilai wajar. Pasalnya, letak sekolah tersebut yang kurang strategis dan jumlah anak usia sekolah dasar di lingkungan sekitar yang sedikit. Menurutnya, di Kota Semarang memang ada beberapa sekolah yang juga jauh dari tempat tinggal calon siswa, dan akhirnya kekurangan murid.

“Ada total 27 sekolah dasar yang kekurangan siswa di masa pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 ini. Di SD Negeri Plalangan 03, Gunungpati sendiri hingga kini baru ada 9 siswa dari kapasitas 28 orang siswa. Sehingga sekolah tersebut kekurangan siswa sebanyak 19 orang untuk memenuhi kuota yang ada,” katanya.

Dari 27 sekolah yang kekurangan siswa, sebenarnya total memiliki daya tampung 896 siswa.

“Namun hingga kini baru terverifikasi sebanyak 686 siswa. Sehingga masih kekurangan siswa sebanyak 203 siswa,” paparnya, Selasa (28/5/2019).

Sedangkan untuk daya tampung sekolah dasar yang ada di Kota Semarang seluruhnya memiliki total 14.392 orang.

Untuk sekolah yang masih belum memenuhi kuota siswa, diharapkan bisa menerima siswa baru secara off line di sekolah masing-masing. Yang mulai dibuka Rabu (29/5/2019) pukul 12.00. Memang pada tahun ini, lanjut Gunawan, untuk anak usia sekolah dasar sekitar 5,5-6 tahun jumlahnya lebih sedikit.

Saat ditanya, terkait untuk wacana penggabungan sekolah yang memiliki sedikit siswa, menurut Gunawan harus ada kajian mendalam. Karena belum tentu, tahun ini sedikit peminat, namun tahun depan jumlahnya akan bertambah.

Seperti diberikan sebelumnya, bahwa di saat pendaftaran PPDB 2019/2020, sejak dibuka Disdik Kota Semarang pada 23-25 Mei 2019 lalu, SD Negeri Plalangan 03 Gunungpati, dalam jurnal pilihan 1 hanya memiliki satu orang pendaftar. Sedangkan untuk pilihan 2, ada 8 orang pendaftar. Sehingga sekolah dasar tersebut masih kekurangan kuota siswa baru sebanyak 19 orang. Untuk itu, Disdik Kota Semarang memberikan anjuran bagi sekolah yang ada kelebihan siswa melebihi kapasitas kuota, untuk menawarkan kepada calon siswa mencari sekolah yang masih minim siswanya.(HS)

Zonasi PPDB SMA Ditetapkan, Masyarakat Diminta Tidak Main-Main Soal Data

Dipanggil Timnas, PSIS Kembali Kehilangan Arthur Bonai